Teknologi

Gratis dan Mudah, Ini 5 Cara Edit File PDF Tanpa Adobe Acrobat – Hitekno.com – hitekno.com

Ilustrasi file PDF. (Pixabay)

Hitekno.com –File PDFdiciptakan dengan proteksi agar tak bisa diedit. Namun tetap saja kadang dibutuhkan untuk edit file PDF yang biasanya memakaiAdobe Acrobat.

- Advertisement -

Namun Adobe Acrobat bukan aplikasi gratisan yang bisa edit PDF. Pengguna harus membayar untuk menggunakan layanannya.

Oleh karena itu, sebagian besar pengguna memilih untuk mencari alternatif lain yang bisa digunakan secara freed from fee, meskipun memiliki batasan tertentu.

Adakahcara edit file PDFyang freed from fee dan mudah tanpa Adobe Acrobat ini? Jelas ada. Salah satunya adalah Sejda PDF.

- Advertisement -

Sejda PDF sebuah layanan berbasis offline dan on-line yang bisa digunakan untuk edit file PDF secara freed from fee dan mudah.

Sejda PDF mungkinkan edit file PDF secara gratis. (sejda.com)
Sejda PDF mungkinkan edit file PDF secara freed from fee. (sejda.com)

Dilansir dariTech Radar, berikut ini cara edit file PDF secara freed from fee menggunakan Sejda PDF:

1. Akses Sejda PDF

Tersedia dua versi Sejda PDF, yaitu versi berbasis cloud atau on-line dan versi yang dapat diunduh dan diinstal pada perangkat.

Kedua versi dapat digunakan secara freed from fee, tapi ada beberapa batasan tertentu. Pengguna hanya dapat melakukan maksimal tiga PDF per hari dan file tidak boleh lebih besar dari 50 MB atau 200 halaman serta gambar tidak boleh lebih besar dari 5 MB.

Baca Juga:  Harga HP Xiaomi November 2019, Mulai 800 Ribuan, Redmi Note 7 Hingga Redmi Note 8 - Bangka Pos

Selain itu, untuk menggabungkan file, pengguna memiliki batas hingga 30 file dan 50 halaman. Konversi file pun harus dilakukan satu per satu daripada dalam batch.

Untuk mengaksesnya, cukup melaluihttps://www.sejda.com/dan ini kompatibel untuk Home windows, Mac, dan Linux.

2. Menghapus dan menambahkan halaman

Setelah diunduh dan diinstal, jalankan Sejda PDF versi dekstop dan klik tombol Pilih PDF. Kemudian pilih PDF yang ingin pengguna kerjakan.

Jika ingin menghapus halaman yang tidak dibutuhkan dan menyisipkan halaman kosong baru untuk menambahkan konten, pengguna dapat mengklik ikon tempat sampah di sebelah kanan setiap halaman untuk menghapus halaman.

Sementara untuk menambah halaman, pengguna akan melihat tombol berlabel “Sisipkan halaman di sini” di antara setiap pasangan halaman. Klik tombol tersebut dan halaman baru yang kosong akan ditambahkan.

Baca Juga:  Begini Cara Mudah Siasati Minuman Anak Supaya Tetap Bernutrisi - Trubus.id

3. Mengedit atau tambahkan teks

Di bagian atas jendela program terdapat bilah alat yang berisi berbagai alat lain untuk mengedit PDF. Klik tombol Teks dan pengguna dapat menambahkan kotak teks baru atau bahkan mengedit teks yang ada.

Jika pengguna mengklik bagian acak halaman, pengguna akan membuat bidang teks baru yang bisa diketik. Di atas bidang ini terdapat bilah alat yang memungkinkan pengguna mengubah gaya font, ukuran, warna, dan sebagainya.

Jika pengguna mengklik teks yang ada, pengguna dapat menghapus atau mengubahnya. Cukup arahkan mouse ke arah teks dan pastikan garis bertitik biru terlihat sebelum pengguna mengklik. Pengguna dapat mengedit atau menghapus teks sesuai kebutuhan.

4. Sisipkan gambar, anotasi, dan lainnya

Pengguna pun dapat menambahkan tautan, formulir, dan gambar ke dalam PDF. Jika ada bagian dari dokumen yang ingin disembunyikan, pengguna dapat menggunakan opsi Whiteout.

Ini adalah alat sederhana yang memungkinkan pengguna menggambar kotak putih di atas gambar atau teks untuk mengaburkannya.

Tak hanya itu, pengguna dapat menggunakan opsi Anotasi untuk menggambar secara bebas pada halaman, menyorot bagian tertentu, menelusuri teks, dan lainnya.

Baca Juga:  Apple AirPods Pro Akan Tampil Warna-warni - Selular.ID

5. Temukan dan ganti teks

Di bagian bawah menu More pada toolbar utama terdapat opsi Salvage & Change. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mencari kata atau frasa dalam PDF dan menggantinya dengan yang lain.

Terdapat pula menu More serta menu Edit yang mencakup menu Undo. Menu tersebut tidak hanya akan membatalkan tindakan terakhir yang pengguna lakukan, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk membatalkan semua suntingan yang telah dibuat.

Setelah selesai mengedit, klik tombol Build di bagian bawah layar. Lalu tentukan nama PDF dan simpan lokasi. File akan disimpan sebagai dokumen baru dan tidak berpengaruh pada dokumen asli.

Itulah cara edit file PDF secara freed from fee dan mudah menggunakan Sejda PDF. Dengan layanan ini, kamu tak perlu lagi Adobe Acrobat yang berbayar.(Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close