Teknologi

Facebook dan Microsoft Gelar Lomba Deteksi Deepfake – Telset.id


Telset.id, Jakarta– Facebook Inc dan Microsoft menggelar lomba deteksideepfakedengan entire hadiah USD$ 10 juta atau Rp 141,3 juta. Mereka mencari peneliti untuk mendeteksi konten-konten deepfake yang selama ini dapat membingungkan masyarakat.

- Advertisement -

DilansirTelset.iddariAsiaOnepada Jumat (06/09/2019) lomba yang dinamakan “Deepfake Detection Train”, mengajak para peneliti untuk mendeteksi dan membuat alat pengujian  deepfake.

{Baca juga: Kualitas Deepfakes Ditingkatkan, Video Hoax jadi Sulit Dikenali?}

Perlombaan akan dimulai pada Desember mendatang dan Facebook sengaja membayar aktor untuk dijadikan objek video deepfake. Menjelang pemilihan Presiden Amerika Serikat pada November 2020, platform sosial terus berupaya mengatasi ancaman video deepfake.

- Advertisement -

Dwelling Intelligence Committee Chairman Adam Schiff pada bulan Juli lalu  juga menuntut agar Facebook, Twitter Inc dan Google Alphabet Inc harus bersikap untuk mengatasi deepfake.

Baca Juga:  AirPlay 2 Resmi Hadir Di Seluruh TV UHD 4K LG - Tabloid PULSA

Beberapa peneliti juga sedang mengerjakan sistem untuk mengotentikasi video atau gambar pada titik pengambilan melalui digital watermarking. Tetapi evolusi yang cepat dari teknologi deepfake telah membuat media sosial dan peneliti berpikir keras melawan konten video palsu tersebut.

“Ini adalah permainan kucing dan tikus. Jika saya merancang deteksi untuk deepfake, saya memberi penyerang pembeda baru untuk diuji,” kata  Asisten Profesor Teknik Komputer di Tandon College, Novel York University University, Siddharth Garg.

Baca Juga:  Surprise Me, Bikin Pemain Xbox One Enggak Bingung Lagi Pilih-Pilih Game - Merah Putih

Bukan pertama kalinya Facebook mengadakan Deepfake Detection Train. Sebelumnya perlombaan dan pendanaan dilakukan Facebook untuk mendeteksi peredaran deepfake agar masyarakat tidak tertipu.

{Baca juga: Sah! Tom Cruise Gantikan Robert Downey Jr Jadi ‘Iron Man’ [Video]}

Bahkan Facebook menghabiskan USD$ 7,5 juta atau Rp 105,9 miliar untuk tim di Universitas California,  Universitas Berkeley, Universitas Maryland dan Universitas Cornell dalam menanggapi ancaman itu.

Baca Juga:  Facebook Gandeng Microsoft dan Akademisi Gelar Deepfake Detection Challenge - Liputan6.com

Sebelumnya Deepfake juga menghebohkan penggemar Iron Man. Ada video deepfakeAI yang menampilkan sosok Iron Man dengan wajah berganti Tom Cruise. [NM/HBS]

Sumber:AsiaOne

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close