Berita Terkini

Erick Thohir Bakal Rombak Habis Komisaris Ratusan BUMN! – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir belum mau berhenti memberi kejutan. Usai mengundang tokoh-tokoh publik ternama untuk jadi pejabat pelat merah, disusul dengan perombakan seluruh eselon I dalam sehari. Kini, Erick membuat gebrakan lagi.

- Advertisement -

Dituturkan oleh Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, Erick berencana merombak habis jajaran komisaris di 140 BUMN.

Baca Juga:  Hanya Jadi Tiga, Erick Thohir Akan Pangkas Deputi Kementerian BUMN - Jawa Pos

“Lagi dievaluasi,” ujar Arya, saat dijumpai di kementerian, Kamis (21/11/2019).

- Advertisement -

Arya menuturkan, terdapat 140 BUMN di mana komisarisnya masing-masing mencapai 5 sampai 8 orang per BUMN. Artinya ada 700 hingga 1000 komisaris yang ditempatkan kementerian untuk mengawasi kinerja badan usaha pelat merah.

Kementerian menginginkan komisaris ini bisa bekerja lebih optimal untuk pengawasan. “Ngapain diangkat kalau yang mengawasi kementerian juga,”ujar Arya.

Baca Juga:  Dua pejabat DKI Jakarta mundur di tengah kisruh anggaran, Anies terkejut - Regional Kontan

Erick, kata Arya, ingin intervensi kementerian berkurang dan ada perampingan. Selama ini, menurutnya, interaksi lebih dominan dari kementerian langsung. “Ke depan, inginnya komisaris karena kan kementerian tidak day to day urusi perusahaan tersebut, biar komisaris karena itu bidangnya.”

Oleh sebab itu, Erick tengah mencari sosok-sosok yang bisa dipercaya untuk mengawasi kinerja 140 BUMN. Pemilihan komisaris ini sangat ditekankan dan penting bagi kementerian.

Baca Juga:  Ini Alasan Erick Thohir Berhentikan Sesmen & Para Deputi BUMN - CNBC Indonesia

Pemilihan komisaris akan dicari sesuai dengan latar belakangnya, baik di bidang kebijakan publik, keuangan, operasional. Arya belum mau mengungkap berapa banyak jumlah komisaris yang akan dirombak, ia hanya menekankan akan disesuaikan dengan kebutuhan BUMN.

[Gambas:Video CNBC]
(gus/gus)

Baca Selengkapnya>>>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close