Bisnis

DP Kendaraan Akan Turun, Cukup Bayar 10 Persen – VIVA – VIVA.co.id


VIVA – Adanya kebijakan makroprudensial melalui pemangkasan uang muka ataudown cost sebesar lima sampai 10 persen, diprediksi oleh Financial institution Indonesia akan menggairahkan penjualan kendaraan bermotor.

- Advertisement -

Kebijakan itu akan dikeluarkan, karena Departemen Kebijakan Makroprudensial BI melihat adanya penurunan kredit perbankan nasional, imbas dari melemahnya ekonomi world.

Aturan itu akan mulai efektif berlaku pada 2 Desember 2019. Seperti diungkapkan oleh Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Juda Agung.

Baca Juga:  Agung Podomoro Bantah Isu Jual Central Park untuk Bayar Utang - Katadata News

“Diharapkan, bisa meringankan masyarakat yang hendak membeli kendaraan. Sehingga, angka kredit bisa tumbuh di sektor tersebut,” ujarnya, dikutip dari VIVAnews, Sabtu 21 September 2019.

- Advertisement -

Dalam aturan baru itu, uang muka kendaraan bermotor roda dua yang sebelumnya ditetapkan sebesar 20 persen, akan turun menjadi 15 persen. Untuk kendaraan bermotor roda tiga atau lebih yang dipakai pribadi, dari 25 persen jadi 15 persen.

Baca Juga:  Gawat! Salah Satu Bank BUMN Kena Retas - VIVA - VIVA.co.id

Selain itu, kemudahan juga diberikan untuk mereka yang berkeinginan membeli kendaraan ramah lingkungan. Yakni, ada tambahan pengurangan uang muka sebesar lima persen.

Jadi, pembeli sepeda motor listrik bisa membayar dengan sistem kredit, dan cukup menyerahkan uang muka sebesar 10 persen saja. Untuk mobil, angkanya menjadi 10 persen.

“Tidak ada kriteria standar kendaraan. Artinya, pembeli kendaraan mewah maupun cheap inexperienced automobile (LCGC) bisa merasakan pelonggaran pembiayaan, dan juga tidak dibatasi untuk melakukan kredit bagi kendaraan pertama dan seterusnya,” tuturnya.  

Baca Juga:  Menjajal SSE P6 ATAV yang Jadi Kendaraan Pengamanan Pelantikan Presiden Jokowi, Serasa Naik Sedan! - GridOto.com

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close