Bisnis

Dompet Bisa Jebol, Begini Efek Kalau Oli Mesin Sampai Menyelinap ke Box Filter Udara Motor – Semua Halaman – Motor Plus


MOTOR Plus-online.com– Seperti yang sudah dijelaskan padaartikelsebelumnya, oli mesin motor bisa naik ke field filter udara.

- Advertisement -

Penyebabnya pun sepele, karena mengisi oli terlalu banyak dari anjuran pabrikan.

Misalnya, untuk motor matic yang yang berkapasitas oli 0,9 liter seperti Yamaha NMAX malah diisi sampai 1 liter.

Hal ini biasanya dilakukan karena mekanik atau pemilik ogah repot.

- Advertisement -

Baca Juga:Masih Banyak yang Bingung, Ini Penyebab Oli Mesin Motor Naik ke Box Filter Udara

Baca Juga:Bikers Wajib Tahu, Begini Tahapan Ganti Oli Mesin Motor yang Benar, Boleh Enggak Disemprot Kompresor?

Baca Juga:  Gampang Banget, Video Tips Memotong Rantai Motor, Awas Jangan Sampai Jari Terluka - Semua Halaman - Grid Motor

Oli mesin yang berlebihan tersebut bisa masuk ke field filter lewat jalur pernapasan atau lubang hawa yang ada di head silinder.

Lubang hawa yang ada di head silinder itu langsung mengarah ke field filter udara.

Lalu apa efeknya kalau field filter udara kemasukan oli mesin?

“Jangankan oli mesin, kotoran yang menempel di filter udara itu bisa membuat tarikan motor jadi lemot,”

Baca Juga:Yamaha NMAX Ganti Oli Mesin Bisa Dilakukan Sendiri Jika Males Ngantri

“Apalagi oli, kalau terlalu banyak bisa-bisa ikut terhisap dan pasti mengenai filter udara terlebih dahulu,” kata Zenal, mekanik Rafi Matic, bengkel spesialis motor matic.

Baca Juga:  Buka Rekening di Bank Mandiri Sekarang Bisa Secara Online - Bisnis.com

Karena udara terhambat, perfoma motor juga terasa lambat.

“Kalau volume olinya terlalu banyak, bisa-bisa mengenai filter udara. Kalau filter udara basah, udara yang masuk ke dalam ruang bakar jadi terhambat,” ujar pria yang buka bengkel di Jalan Pitara Raya (Sebelah Jalan H. Ganeng), Pancoranmas, Kota Depok, Jawa Barat ini.

Padahal sebagian besar motor matic zaman now itu pakai filter udara kering berbahan kertas.

Baca Juga:  Yamaha TDR250, Motor Adventure yang Mesinnya Terlalu Jahat, CRF250 dan Versys-X 250 Bisa Ditinggal Sekebon! - GridOto.com

Baca Juga:Enggak Sembarangan, Memilih Oli Mesin Buat Motor Harus Ada 3 Unsur Penting

“Kalau udara yang masuk ke ruang bakar terhambat efeknya tarikan motor jadi berat,” jelas Zenal.

Parahnya jika oli ikut masuk ke dalam ruang bakar juga.

“Kalau oli sampai masuk dan lolos melalui karburator atau throttle bodi, otomatis bisa ikut terbakar ke ruang bakar,” ujar pria yang punya nama hanya Zenal ini.

“Efeknya sudah pasti knalpot jadi ngebul,” pungkasnya.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close