Beranda » Bisnis » Desember, Mandiri Hadirkan Produk Kredit Rumah Tanpa DP – Bangka Pos

Desember, Mandiri Hadirkan Produk Kredit Rumah Tanpa DP – Bangka Pos

by Dendi Priatna
1 views
Desember, Mandiri Hadirkan Produk Kredit Rumah Tanpa DP – Bangka Pos


BANGKAPOS.COM–Monetary institution Indonesia (BI) melonggarkan aturan makroprudensial melalui mortgage to fee (LTV). Dengan pelonggaran tersebut, maka uang muka atau down fee (DP) untuk kredit pemilikan rumah (KPR) dan kendaraan menjadi lebih murah.

Merespon hal tersebut, Monetary institution Mandiri akan mengeluarkan produk baru mulai 2 Desember 2019.

Nantinya, karyawan yang payrollnya menggunakan Monetary institution Mandiri akan dibebaskan dari kewajiban membayar uang muka atau rasio mortgage to fee sebesar 100 persen.

“Ya kita siapkan produknya. Produknya, khusus untuk employee payroll di Mandiri, LTV bisa 100 persen. Selama untuk kredit pertama, bisa tanpa DP,” ujar Govt Vice President Client Loans Monetary institution Mandiri Ignatius Susatyo di Jakarta, Senin (21/10/2019).

Baca Juga:  Mandiri Sekuritas akan membawa satu emiten melantai di BEI bulan depan - Kontan

Ignatius menambahkan, untuk suku bunganya, juga cukup ringan. Nasabah yang mengikuti program tersebut akan dikenakan suku bunga sebesar 6,5 persen untuk hunian yang dibangun oleh pengembang yang bekerja sama dengan bank plat merah itu.

“Kalau untuk developer tertentu 6,5 persen fix 3 tahun. Untuk developer seperti Ciputra, Metland,” kata Ignatius.

Tenor pinjaman yang diberlakukan pun lebih fleksibel, yakni mulai 20 tahun hingga maksimal 25 tahun.

Baca Juga:  Ekonom: Menko Pilihan Jokowi Beri Harapan Perbaikan ke Pelaku Pasar - Kompas.com - KOMPAS.com

“Kalau developer lainnya (suku bunganya) 7,5 persen fix 3 tahun,” ucap dia.

Sebelumnya, Monetary institution Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan ketentuan uang muka (down fee) melalui pelonggaran kebijakan rasio mortgage to fee ( LTV) baik untuk pembiayaan properti maupun kendaraan bermotor.

Gubernur Monetary institution Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, penurunan uang muka tersebut masing-masing sebesar 5 persen untuk pembiayaan perumahan dan 5 hingga 10 persen untuk kendaraan bermotor.

Baca Juga:  Resesi Ekonomi Kian Dekat, Masyarakat Harus Ngapain? - detikFinance

“Monetary institution Indonesia melakukan pelonggaran rasio Loan to Fee atau Financing to Fee (LTV/FTV) untuk kredit pembiayaan properti sebesar 5 persen, dan uang muka untuk kendaraan bermotor pada kisaran 5 persen hingga 10 persen,” jelas Perry ketika memberikan penjelasan kepada awak media terkait hasil keputusan Rapat Dewan Gubernur di Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul“Mulai Desember, Mandiri Hadirkan Produk Kredit Rumah Tanpa DP”

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More