Beranda » Teknologi » Dear Pengguna Facebook, 400 Jutaan Nomor Teleponmu Bocor di Internet – Republika Online

Dear Pengguna Facebook, 400 Jutaan Nomor Teleponmu Bocor di Internet – Republika Online

by Bahri Mupti
Dear Pengguna Facebook, 400 Jutaan Nomor Teleponmu Bocor di Internet – Republika Online


419 juta nomor telepon di akun Fb ada di server yang tak dilindungi sandi.

Warta Ekonomi.co.identification, Surakarta–Sampai April 2018, pengguna Fb dapat mencari akun satu sama lain memakai nomor telepon atau surat elektronik. Namun, setelah skandal penyalahgunaan recordsdata Cambridge Analytica yang membocorkan  87 juta informasi pribadi pengguna Fb, platform itu membatasi fitur aksesibilitas informasi pengguna.

Namun, seorang peneliti keamanan baru-baru ini mengungkapkan, foundation recordsdata yang berisi 419 juta nomor telepon yang terhubung ke akun Fb berada diserveryang tak dilindungi kata sandi. Artinya, siapapun bisa menemukan dan mengaksesnya. 

Baca Juga:  TikTok 1,5 miliar unduhan, posisi ketiga global lampaui Instagram - ANTARA

“Meskipunserveritu bukan milik Fb, foundation recordsdata itu membeberkan nama pengguna unik yang tertaut dengan masing-masing nomor telepon. Bahkan, beberapa di antaranya memuat nama, jenis kelamin, dan juga lokasi terdaftar,” begitulah bunyi laporan TechRadar, dikutip di Surakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca Juga:E-mail Kantor Rawan Diserang Peretas, Hal-Hal Ini Penyebabnya!

Di antara ratusan juta recordsdata, 133 juta di antaranya merupakan milik pengguna Amerika Serikat, 18 juta recordsdata berbasis di Inggris, dan 50 juta dari Vietnam. Menyadari hal itu, Fb segera memulai penyelidikan, menurut juru bicara perusahaan.

Baca Juga:  Realme Q Akhirnya Diperkenalkan, Harga Rp 2 Jutaan - Hitekno.com - hitekno.com

Ia menyampaikan, “Basis recordsdata itu berisi informasi yang diperoleh sebelum kami membatasi (fitur temukan pengguna lewat nomor telepon) tahun lalu.”

Sang juru bicara pun mengatakan, jumlah recordsdata yang sebenarnya hanya setengah dari yang dilaporkan oleh TechCrunch karena telah terduplikasi. Tak hanya itu, menurutnya, foundation recordsdata itu telah dihapus.

“Tidak ada bukti bahwa akun Fb pengguna diretas,” katanya lagi.

Baca Juga:  iOS 13 Peringatkan Pengguna soal Potensi Risiko Privasi saat Gunakan Facebook - iNews

TechCrunch memverifikasi beberapa catatan dengan mencocokkan beberapa nomor telepon pengguna dengan ID Facebooknya. Mereka juga mencoba mencocokkan nomor telepon dengan fitur setel ulang kata sandi situs media sosial.

BACA JUGA: Update BeritaBeritaPolitikPersepektif Republika.co.identification,Klik di Sini

Disclaimer:
Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.identification dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More