Teknologi

Dear Pemilik iPhone, Facebook Diam-diam Gunakan Kameramu – Indozone.id


INDOZONE.ID –Para pemilik iPhone harus berhati-hati saat menggunakan aplikasi di Fb. Ternyata, aplikasi tersebut diam-diam telah menggunakan kamera pengguna iPhone saat sedang scrolling feed.

- Advertisement -

Hal ini terungkap dari unggahan seorang netizen bernama Joshua Maddux di Twitter. Melalui akunnya tersebut, Joshua melaporkan perilaku tak biasa yang terjadi pada aplikasi Fb untuk iOS.

Joshua mengunggah sebuah video yang memperlihatkan bagaimana Fb mengakses kamera ponselnya. Saat pengguna sedang scrolling, kamera ponsel tampak bekerja aktif di latar belakang. Beberapa pengguna mungkin banyak yang tidak menyadari hal ini.

Baca Juga:  Empat iPhone 5G bakal meluncur tahun depan - ANTARA

Dalam video, terlihat trojan horse yang menunjukkan feed kamera dalam sepotong kecil di sisi kiri layar ponsel, saat pengguna membuka foto di aplikasi dan geser ke bawah.

- Advertisement -

Joshua juga menemukan masalah yang sama pada lima perangkat iPhone yang menjalankan iOS 13.2.2, namun itu tidak terjadi dalam iOS 12.

“Saya mencatat iPhone yang menjalankan iOS 12 tidak menunjukkan kamera aktif (tidak untuk mengatakan bahwa itu tidak sedang digunakan),” ungkapnya.

Sementara,iPhoneyang menjalankan iOS 13.2.2 memang menunjukkan kamera bekerja secara aktif di latar belakang. Tapi masalah itu tampaknya tidak mempengaruhi iOS 13.1.3.

Baca Juga:  iPhone 11, Warna ini Paling Nggak Laku, Kenapa? - WartaEkonomi.co.id

Namun, masih belum diketahui apakah itu perilaku yang disengaja atau hanya trojan horse dalam perangkat lunak untuk iOS. Tapi, tetap saja masalah tersebut cukup mengganggu karena dianggap melanggar privasi.

Pada tahun 2017, peneliti Felix Krause sudah pernah berbicara kepada The Subsequent Web tentang masalah yang sama. Salah satu cara untuk menangani masalah privasi terkait kamera ini adalah menutupi kamera seperti yang dilakukan oleh Imprint Zuckerberg.

Baca Juga:  Ada iPhone 6S dan 6S Plus Cacat Produksi, Apple Servis Gratis - detikInet

Artikel Menarik Lainnya:

    Baca Selengkapnya>>>

    Looks like you have blocked notifications!
    - Advertisement -
    Tags
    - Advertisement -
    Back to top button
    Close