Bisnis

Dear Anterin Cs, Ini Jurus Rahasia Untuk Saingi Grab & Gojek – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC IndonesiaBisnis ojek on-line (ojol) hanya berujung pada kerugian jika tak dibarengi dengan lini bisnis lain. Pemain besar seperti Snatchdan Gojek bahkan mulai mengandalkan bisnis lain seperti sistem pembayaran untuk meraup untung.

- Advertisement -

Ekonom Institute for Pattern of Economics and Finance ( INDEF), Bhima Yudhistira, menilai, cara tersebut wajib diikuti pemain baru. Sebab, ojol semata tak bisa jadi penyangga roda bisnis.

Baca Juga:  Jurus Jitu Cristiano Ronaldo Juventus Jaga Performa Stamina Biar Tampil Trengginas di Usia 34 Tahun - Tribun Jateng

“Bukan hanya tipis [untungnya], tapi justru rugi. Ojol kalau mau live on harus jadi astronomical apps. Jualan fintech, e-commerce, dan lain-lain,” ungkap Bhima kepada CNBC Indonesia, Jumat (20/9/2019).

Karena itu, modal besar amat dibutuhkan. Namun di sisi lain pemodal kelas kakap sudah terlanjur masuk ke Snatch danGojek, sehingga untuk merambah ke aplikator baru kemungkinannya kecil.

- Advertisement -
Dear Anterin, Ini Jurus Rahasia Untuk Saingi Grab & GojekFoto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki
Baca Juga:  Jurus Komentator Inggris agar Lancar Ucapkan Nama Pemain Garuda Select Halaman all - Kompas.com - KOMPAS.com

“Apalagi kondisi ekonomi sedang melambat, modal ventura juga berpikir ulang untuk suntik ke perusahaan ojol baru,” tandasnya.

Kendati demikian, bukan berarti aplikator baru tak punya harapan. Masih ada sederet jurus yang bisa diterapkan untuk mendobrak dominasi ‘dwelling quo’.

“Ada beberapa cara, misalnya IPO ke bursa saham, atau menawarkan saham secara privat ke grup konglomerasi besar lokal,” urainya.

Baca Juga:  Dua Produk Baru Bridgestone Dipercaya Jadi Ban Resmi Mitsubishi Fuso Fighter - GridOto.com

Selain itu, dia bilang, beberapa financial institution BUMN juga memiliki venture capital (VC). Kesempatan ini bisa juga diraih asal aplikator baru mampu memberi sebuah keyakinan.

“Asal bisnis modelnya teruji, atau punya segmentasi khusus misalnya untuk logistik, e-commerce, mungkin bisa dibiayai oleh VC lokal,” pungkasnya.

(roy/roy)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close