Bisnis

Curhatan Pengusaha Soal Kebijakan Solar Bersubsidi – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia– Kamar Dagang dan Industri (Kadin)Indonesia menanggapi keluarnya Surat Edaran (SE) BPH Migas Nomor 3865.E/Ka.BPH/2019 tentang pengendalian kuota jenis bahan bakar minyak tertentu tahun 2019, khususnya terkait pemanfaatan solar subsidiuntuk truk. 

- Advertisement -

Surat Edaran itu dirilis pada 29 Agustus 2019. Ada dua aspek yang diatur, di antaranya pembatasan pembelian dan pelarangan pembelian. 

Pembatasan diterapkan untuk kategori truk angkutan barang Roda 6 ke bawah. Sementara pelarangan diterapkan untuk angkutan barang truk lebih dari 6 roda khususnya truk trailer pengangkut komoditas ekspor impor.

Wakil Ketua Umum (WKU) Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Pengelolaan Rantai Pasokan Rico Rustombi menilai kehadiran SE ini telah menimbulkan gejolak di berbagai level pelaku usaha, baik di lingkup pelaku ekspor-impor maupun ke kalangan operator angkutan barang. Salah satu imbasnya adalah terhambatnya distribusi barang ke sejumlah daerah.

- Advertisement -
Curhatan Pengusaha Soal Kebijakan Solar BersubsidiFoto: Kadin Logo (dok. Kadin)
Baca Juga:  Curhatan Dirut Krakatau Steel (KRAS) soal nasib perusahaan - Kontan

Rico menganggap keluarnya SE ini menimbulkan kebingungan lantaran bertentangan dengan Perpres No 191 Tahun 2014 yang telah diubah menjadi Perpres No 43 Tahun 2018 tentang penyediaan, pendistribusian dan harga jual eceran bahan bakar minyak pada jenis bahan bakar minyak tertentu. 

Menurutnya, jika mengacu pada aturan tersebut, solar termasuk dalam bahan bakar yang mendapatkan program subsidi khusus. 

“Menurut Perpres tersebut, angkutan umum dengan tanda nomor kendaraan berwarna dasar kuning dan tulisan berwarna hitam termasuk dalam golongan yang mendapatkan alokasi  BBM Solar bersubsidi,” kata Rico Rustombi dalam keterangan pers yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (20/9/2019).

Penerapan aturan ini, menurut Rico, akan berdampak signifikan terhadap operasional angkutan truk secara umum, terutama yang tergolong angkutan berat. Padahal angkutan barang golongan ini lazim dimanfaatkan untuk pengangkutan bahan baku proyek infrastruktur maupun barang-barang ekspor-impor, dua aspek pembangunan yang tengah didorong dan diprioritaskan pemerintah. 

Baca Juga:  Dua Pengusaha Indonesia Jadi Orang Asing Terkaya di China - Bisnis.com

“Kebijakan ini bisa berdampak langsung kepada perekonomian nasional, tidak sebatas pada urusan transportasi barang atau alur logistik. Program konstruksi infrastruktur hingga upaya pemerintah untuk meningkatkan ekspor nasional. Karena itu, aturan ini belum layak diterapkan karena tidak sejalan dengan amanah perpres yang masih berlaku,” tambah Rico.

Ada beberapa opsi kebijakan yang diusulkan Kadin terkait persoalan ini. 

Pertama, dibuat sistem pengawasan melekat dalam pendistribusian BBM bersubsidi kepada konsumen di setiap stasiun pengisian Bahan bakar (SPBU) agar tepat sasaran serta tepat guna. 

Langkah ini dapat menjamin pasokan Bahan bakar solar bersubsidi terhadap operator angkutan umum untuk barang di seluruh wilayah Indonesia sekaligus mencegah terjadinya kelebihan alokasi kuota BBM bersubsidi yang tidak tepat sasaran.

“Opsi kedua adalah menghapus program solar bersubsidi kepada angkutan barang. Kebijakan ini disubstitusi dengan insentif fiskal atau direalokasikan dalam bentuk fasilitas kredit bagi operator angkutan darat,” kata Rico.

Baca Juga:  Ternyata Power Kawasaki New Ninja 250 Versi Indonesia Lebih Galak dari Versi Jepang - GridOto.com

Dia melanjutkan, insentif fiskal itu bertujuan untuk mendukung peremajaan armada truk yang beroperasi saat ini.  Kondisi truk sekarang tergolong tua hingga kurang adaptif terhadap penerapan teknologi informatika terbaru maupun standar kecepatan perjalanan. 

Insentif bisa diberikan dalam bentuk pemotongan bea masuk terhadap impor truk-truk popular yang hemat bahan bakar. Dengan demikian, harga truk tersebut lebih terjangkau bagi pengusaha lokal. Realokasi subsidi BBM bisa dilakukan dalam bentuk fasilitas kredit murah untuk pengadaan truk baru dengan teknologi yang hemat BBM atau sumber energi baru.

“Penghapusan subsidi juga menjamin equal treatment (perlakuan yang sama) terhadap semua pelaku usaha di sektor ini agar tidak ada yang mendapatkan keistimewaan yang berdampak pada kompetisi yang tidak sehat,” kata Rico.

(roy/roy)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close