Beranda » Berita Terkini » China dan AS gelar pembicaraan tingkat tinggi bulan depan. Perang dagang mereda? – Kontan

China dan AS gelar pembicaraan tingkat tinggi bulan depan. Perang dagang mereda? – Kontan

by Aldy Putra
China dan AS gelar pembicaraan tingkat tinggi bulan depan. Perang dagang mereda? – Kontan

ILUSTRASI. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping pada KTT G20

KONTAN.CO.ID – BEIJING.China dan Amerika Serikat (AS) hari ini sepakat untuk mengelar pembicaraan perdagangan tingkat tinggi pada awal Oktober 2019 nanti di Washington. Kesepakatan ini lahir di tengah kekhawatiran perang dagang yang meningkat dan bisa memicu resesi perekonomian global.

Melalui sambungan telepon, Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer juga Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin setuju mengadakan pembicaraan tingkat tinggi tersebut. Gubernur Folk’s Monetary institution of China Yi Gang juga ikut dalam komunikasi telepon itu.

Baca Juga:  Kini Dipenjara, Pablo Benua Tetap Ingin Nyinyir Hingga Berikan Pesan untuk Luna Maya: Nonton Tuh Vlog Kita yang Lain - Wiken

Baca Juga:Perang dagang memukul AS, Trump: China akan lebih menderita

“Kedua belah pihak sepakat, mereka harus bekerja bersama dan mengambil tindakan praktis untuk menciptakan kondisi yang baik untuk konsultasi,” kata Kementerian Perdagangan China, Kamis (5/9), dalam situs resminya seperti dilansirReuters.

“Negosiator utama dari kedua belah pihak melakukan panggilan telepon yang sangat baik pagi ini,” ujar Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng dalam jumpa pers. “Kami akan berusaha untuk mencapai kemajuan substansial selama negosiasi tingkat tinggi Sino-AS ke-13 pada awal Oktober.”

Baca Juga:  Yonif 713/ST gelar penyuluhan HIV/AIDS di perbatasan RI-PNG - ANTARA

Baca Juga:Marah besar setelah aksi balasan China, Trump ingin naikkan tarif dua kali lipat

Karena itu, Gao menegaskan, Beijing menentang setiap peningkatan eskalasi dalam perang dagang. Sebelum pertemuan tingkat tinggi, tim perdagangan dari negeri uak Sam dan negeri tembok raksasa akan mengadakan pembicaraan lebih dulu pada pertengahan September nanti.

Baca Juga:  00:47 MPR Mundurkan Agenda Pelantikan Jokowi - CNBC Indonesia

Juru Bicara Kantor Perwakilan Dagang AS mengkonfirmasi, bahwa Lighthizer dan Mnuchin memang berbicara dengan Liu. Mereka setuju untuk mengadakan pembicaraan perdagangan tingkat menteri di Washington dalam beberapa minggu mendatang.

Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Video Pilihan

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More