Olahraga

Cerita Tira Persikabo, Sempat Berjaya dan Kini Mulai Merana – Bola.com


Bola.com, Jakarta –Tira Persikabomenjadi tim kuda hitam setelah beberapa pekan bertahan di puncak klasemen Shopee Liga 1 2019.

- Advertisement -

Penampilan apikTira Persikabopada awal musim ini tak terlepas dari beberapa reformasi klub yang dilakukan manajemen. Hal itu berawal dari kehadiran pelatih pengalaman, Rahmad Darmawan pada 2 Januari 2019. 

Pada Februari 2019, manajemen PS Tira kemudian membuat gebrakan yakni bergabung dengan Persikabo Kabupaten Bogor sehingga lahirlah nama Tira Persikabo per Februari 2019. Strategi tersebut dilakukan untuk mencuri hati masyarakat Bogor yang jadi daerah markas Tira Persikabo untuk 2019, yakni di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.
“Niat kami merger untuk membangkitkan sepak bola Bogor. Itu sudah kami mulai dengan mengontrak tiga pemain kebanggaan masyarakat Bogor,” kata Presiden Klub, Bimo Wirjasooekarta.
Setelah itu, Tira Persikabo mulai berbenah dengan mendatangkan pemain-pemain asing berkualitas, yakni Ciro Alves (penyerang), Louise Parfait (gelandang), Loris Arnaud (penyerang), dan Khurshed Beknazarov (bek).
Nama-nama anyar yang direkrut langsung memberikan dampak positif. Pada Piala Presiden 2019, Tira Persikabo berhasil melaju sampai babak perempat final. Pencapaian yang luar biasa untuk klub yang pada akhir musim 2018 finis di peringkat 15 alias batas aman terakhir di klasemen.
Para pemain Tira Persikabo merayakan gol yang dicetak oleh Ciro Henrique ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Kamis (7/3). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Kejutan kemudian berlanjut di Shopee Liga 1 2019. Pada awal musim, Tira Persikabo berhasil mengimbangi klub sekelas PSM Makassar 0-0, Persib Bandung 1-1, Bhayangkara FC 1-1, Madura United 2-2, hingga Persebaya Surabaya 1-1.
Bahkan, Tira Persikabo juga berhasil mengalahkan tim sekaliber Persipura Jayapura 2-1, Arema FC 2-1, dan Persija Jakarta 5-3. Magis Tira Persikabo bertahan sampai pekan ke-13 sebagai satu-satunya tim yang tak terkalahkan dan memuncaki klasemen.
Namun, ketika itu pelatih Rahmad Darmawan sadar diri Tira Persikabo bukanlah tim besar. Pria yang akrab disapa RD itu bahkan beberapa kali memperingatkan para pemainnya untuk tetap membumi.
“Satu hal yang pasti, kami ini merupakan tim kecil di Liga Indonesia. Namun, kami selalu berusaha belajar dari semua hal yang akan kami hadapi di Liga Indonesia,” kata Rahmad Darmawan pada 10 Agustus 2019.
“Saya selalu mengingatkan para pemainTira Persikabountuk membumi, tidak usah memikirkan apa yang sudah mereka lakukan selama ini. Mereka harus terus menatap ke depan dengan semangat dan menikmati pertandingan, karena kunci dalam sepak bola adalah menikmati permainan itu,” tegas RD.

Baca Juga:  Cerita Putri Tanjung Bangun Bisnis dari 'Dendam' hingga Jadi Sukses - detikFinance

Berita video highlights Shopee Liga 1 2019 antara PSM Makassar melawan PS Tira Persikabo yang berakhir dengan skor 2-0, Kamis (19/9/2019).

- Advertisement -

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close