Beranda » Berita Terkini » Catat, Bunga Pinjaman Multiguna Fintech Maksimal 0,8 Persen Per Hari – Kompas.com – KOMPAS.com

Catat, Bunga Pinjaman Multiguna Fintech Maksimal 0,8 Persen Per Hari – Kompas.com – KOMPAS.com

by Derian Wiranto
Catat, Bunga Pinjaman Multiguna Fintech Maksimal 0,8 Persen Per Hari – Kompas.com – KOMPAS.com

Ilustrasi fintech, kredit.SHUTTERSTOCK/JoyseulayIlustrasi fintech, kredit.

JAKARTA, KOMPAS.com –Asosiasi FintechPembayaran Indonesia (AFPI) telah menentukan besaran bunga pinjamanfintechlending, yaitu sebesar 0,8 persen per hari.

Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas AFPI Tumbur Pardede mengatakan besaran bunga tersebut merupakan jenis pinjaman multiguna yang memiliki karakteristik sama dengan pinjaman fintech dengan jangka waktu kurang dari 1 bulan.

“Untuk besaran bunga dari pembiayaanmultiguna bervariasi dan dapat langsung diketahui ke aplikasi langsung. Tetapi maksimal bunga yang bisa diterapkan adalah 0,8 persen per hari untuk tenor pendek kurang dari 1 bulan saja,” ujar Tumbur kepada Kontan.co.identity, Kamis (5/9/2019).

Baca Juga:  BI menurunkan suku bunga acuan menjadi 5% hari ini - Kontan

Menurut Tumbur, prinsipnya adalah pembatasan maksimal bagi para penyelenggara untuk tidak menerapkan beban bunga, denda, administrasi, dan lain-lain sampai hari ke-90 adalah maksimal 100 persen dari pinjaman pokok.

Baca juga:OJK Bakal Bentuk Lembaga Penyelesaian Sengketa Fintech

Misalnya, pinjaman pokok Rp 1 juta. Maka bila menunggak di hari ke-90 maka penyelenggara tidak boleh membebankan beban bunga, denda, administrasi, dan lain-lain lebih dari Rp 1 juta.

Baca Juga:  Catat, Google Wajibkan Perangkat Jalankan Android 10 per Akhir Januari 2020 - Nusantaratv.com

Artinya seluruh kewajiban pokok dan seluruh biaya adalah maksimal Rp 2 juta.

Bunga pinjaman merupakan biaya untuk setiap peminjaman yang di dalamnya adanya unsur bunga, biaya administrasi dan lain-lain yang totalnya tidak lebih dari 0,8 persen.

Jadi, tidak hanya berisi unsur bunga pinjaman saja.

Sementara itu, besaran bunga pinjaman 0,8 persen per hari sudah diketahui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena aktivitas fintech lending pun diawasi baik oleh OJK dan AFPI.

Baca Juga:  Kasus Bengkayang, Gubernur Kalbar Imbau Kepala Daerah Waspada - CNN Indonesia

Sebelumnya, OJK menyerahkan besaran bunga pinjaman kepada AFPI.(Ahmad Ghifari)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.identity dengan judul:Catat, bunga pinjaman multiguna di fintech maksimal 0,8% per hari

Sumber

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More