Teknologi

Cara Menyembunyikan Foto dan Video WhatsApp di Galeri Android – Liputan6.com


teknologi data-kmklabs-category=”{” data-kmklabs-channel=”{” data-kmklabs-gtm=”{” articleid fahrudin hot cara-menyembunyikan-foto-dan-video-whatsapp-di-galeri-android ayu sendari liputan6dotcom data-path=”/read/4053932/cara-menyembunyikan-foto-dan-video-whatsapp-di-galeri-android”>

- Advertisement -
Liputan6.com, JakartaKetika Anda menerima foto atau video dari kontak diWhatsApp, setelah diunduh secara otomatis konten akan disimpan ke penyimpanan inside ponsel. Ini artinya semua konten yang diterima dari WhatsApp dapat dilihat oleh siapa saja yang mendapatkan akses ke galeri foto Anda. 

Foto atau videoWhatsAppsecara otomatis akan tersimpan di folder media WhatsApp. Anda dapat mencarinya di file supervisor membuka, Penyimpanan Inner>WhatsApp>Media. Di dalamnya terdapat folder khusus untuk gambar, dokumen, profil WhatsApp,dan lain sebagainya. Terkadang, recordsdata ini mungkin bersifat rahasia, dan Anda tidak ingin orang lain melihatnya melalui Galeri.
Tak perlu menghapus atau membackup konten-kontenWhatsAppyang telah terunduh untuk menyembunyikannya. Anda bisa menggunakan fitur bawaan WhatsApp atau trik khusus untuk menyembunyikan foto dan video dari galeri Android.
Berikut cara menyembunyikan foto dan video dari galeri Android, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(3/9/2019).

Menggunakan fitur bawaan WhatsApp

Di aplikasi WhatsApp, ketuk ikon menu tiga titik di kanan atas, lalu ketuk Pengaturan/Settings. Buka ‘Obrolan’/’Chats’, dan hapus centang pada kotak di sebelah ‘Tampilkan media di galeri’/ ‘Convey media in gallery.’ Setelah mengatur ini, foto dan video WhatsApp apa pun tidak akan muncul di galeri ponsel. Namun, foto dan video sebelum Anda mengatur pengaturan ini masih dapat terlihat.
Sembunyikan Media WhatsApp Grup atau chat tertentu
Di aplikasi WhatsApp, buka obrolan atau obrolan grup yang ingin Anda sembunyikan foto dan videonya. Kemudian, ketuk nama kontak atau grup. Di sini, ketuk pada ‘Visibilitas Media‘ dan pilih ‘Tidak.‘ Ketuk ‘OK’ dan selesai.

- Advertisement -

Menyembunyikan media WhatsApp dengan trik file supervisor

Meski sudah ada fitur bawaan untuk menyembunyikan foto dan video WhatsApp dari galeri, fitur ini masih belum sempurna. Foto dan video sebelum Anda mengatur pengaturan bawaan ini masih dapat terlihat. Jangan sedih, ada trik khusus yang dapat dilakukan.
Untuk sepenuhnya menyembunyikan semua file media dari Galeri, solusi cepatnya adalah pergi ke File Manager Android dan navigasikan ke folder WhatsApp. Setelah Anda berada di Folder WhatsApp, tekan lama pada folder Media. Sekarang Anda dapat mengganti nama folder Media menjadi ‘.Media‘ dengan menambahkan titik di depan nama folder ‘media’.
Solusi ini akan sepenuhnya menyembunyikan semua recordsdata di dalam folder Media agar tidak muncul di Galeri. ni juga akan menyembunyikan Dokumen dari aplikasi pembaca dokumen. Anda memiliki kontrol lebih terperinci atas trik ini. Untuk jaga-jaga, jika Anda ingin menyembunyikan gambar saja, ganti nama folder ‘WhatsApp‘ menjadi ‘.WhatsApp Pictures‘.
Ini tidak berlaku hanya untuk WhatsApp. Anda dapat menyembunyikan folder yang muncul secara langsung di Android dengan menambahkan titik diikuti dengan nama folder. Hati-hati saat Anda mengubah file sistem apa pun, karena dapat menyebabkan kegagalan Android dOS.

Baca Juga:  VIDEO - Kecepatan Super, Sadio Mane Cetak Gol yang Bikin 4 Pemain Kocar-kacir - Bolasport.com

Nomedia untuk Menyembunyikan Gambar dan Video WhatsApp

Solusi kedua untuk menyembunyikan gambar WhatsApp dari Android adalah solusi “Nomedia”. Ini juga merupakan solusi cepat untuk menyembunyikan Foto dan video dari Galeri, dengan menambahkan file .nomedia ‘di dalam folder tertentu.
Untuk melakukan ini, navigasikan ke WhatsApp>Media>WhatsApp Pictures dengan Android File supervisor. Di sini, buat file baru menggunakan pengelola file dan beri nama sebagai .nomedia ‘. Jika mode hidden folder masih aktif, Anda mungkin perlu mematikannya sebelum melanjutkan.
Metode ini berguna untuk menyembunyikan file multimedia dari Galeri. Anda dapat memasukkan file .nomedia ‘ke folder lain seperti Video, Gifs, dll untuk membuatnya tersembunyi dari Galeri. Terkadang, pengelola file mungkin tidak memiliki opsi untuk membuat file baru di folder itu.
Dalam hal ini, Anda dapat menyalin dan menempelkan file .nomedia ’dari‘Despatched‘ folder yang ada di dalam ‘WhatsApp Pictures‘ ke lokasi lain.

Baca Juga:  Tonton Video Crash Horor Marc Marquez di FP1 MotoGP Thailand - GridOto.com

Aplikasi Android untuk Menyembunyikan File Media WhatsApp

Satu lagi metode yang tersedia untuk menyembunyikan media agar tidak muncul di galeri. Untuk orang-orang, yang ingin menyembunyikan Foto atau Video dari galeri secara langsung tanpa melakukan perubahan file, ada aplikasi Android yang praktis dan gratis untuk diunduh dari Google PlayStore.
Aplikasi Android gratis bernama “Veil Chat Pictures, Movies & Audios” menyediakan antarmuka pengguna yang bersih. Aplikasi ini mempermudah dan menyembunyikan berbagai media. Aplikasi persembunyian media ini menawarkan kontrol yang lebih mendalam atas gambar dan file video. Bahkan, Anda dapat memilih gambar atau video untuk disembunyikan. Aplikasi ini dilindungi PIN yang menjamin keamanan dan menjauhkan pengguna lain dengan mengubah pengaturan.
Ada jenis aplikasi serupa yang tersedia untuk mengunci WhatsApp dan Facebook atau menyembunyikan file media WhatsApp. Media Gallery for WhatsApp, adalah aplikasi Android lain yang menyembunyikan gambar dan video dengan memindahkannya ke folder tersembunyi. WhatsApp image hider epenuhnya menyembunyikan gambar dan video ketika diaktifkan untuk melakukannya tersedia dari PlayStore secara gratis.

Baca Juga:  Cara Rekam Video Call WhatsApp di Android dan iPhone - Rancah Post

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close