Teknologi

Bug iOS 13, Hacker Bisa Intip Kontak di iPhone – detikInet


Jakarta– MeskiiOS 13masih belum dirilis hingga 19 September, tetapi telah ditemukan adanya trojan horse yang memungkinkan seoranghackerdapat melihat kontak bahkan dalam kondisi iPhone terkunci.

- Advertisement -

Seperti dilansirdetikINETdariPhone Arena, Sabtu (14/9/2019), adalah Jose Rodriguez seorang peneliti keamanan yang menemukan celah pada sistem operasiAppletersebut.

Dalam video di YouTube-nya ia menunjukkan dengan melakukan panggilan FaceTime dan kemudian mengaktifkan fitur Siri VoiceOver penggunaiPhonedapat memperolah akses ke daftar kontak pada pemilik ponsel tersebut.

- Advertisement -

Sehingga hal ini memungkinkan dapat memberikan peretas daftar nomor telepon, alamat e-mail, alamat jalan dan lainnya semua tanpa harus membuat kunci perangkat iPhone.

Baca Juga:  AC Milan Intip Peluang Pulangkan Ancelotti ke San Siro - detikSport

Meski demikian untuk foto-foto pemilik ponsel tersebut masih dapat terlindungi. VoiceOver memungkinkan Siri membaca teks yang muncul di layar iPhone dan dianggap sebagai fitur aksesibilitas bagi mereka yang buta atau menderita gangguan penglihatan.

“Saya sudah mengirimkan video yang menunjukkan kerentanan tersebut kepada Apple pada tangga 17 Juli,” kata Rodriguez.

Hal tersebut muncul dalam versi Gold Grasp (GM) iOS 13 yang akan disebarluaskan minggu depan. Menggunakan versi GM iOS 13 pada iPhone X,The Vergemampu menduplikasi pintasan kunci layar.

Baca Juga:  Sempat Diragukan, Galaxy Fold Laris Manis di Negaranya - Tekno Akurat

Tahun lalu, Rodriguez menemukan eksploitasi yang serupa di iOS 12.1 di mana memungkinkan peretas tidak hanya bisa mengakses kontak pengguna telepon, tetapi juga foto dari pengguna ponsel.

Apple kemudian menambal masalah ini di pembaruan berikutnya. VoiceOver juga berperan dalam eksploitasi serupa lainnya yang memungkinkan peretas untuk melihat kontak pengguna iPhone dengan iOS 8 diinstal.

Seperti yang ditemukan Rodriguez pada tahun lalu, kerentanan pada iOS 13 yang baru mengharuskan si peretas untuk memegang iPhone pengguna dalam waktu cukup lama untuk dapat menyelesaikan seluruh proses hacking. Selain itu dibutuhkan juga ponsel kedua untuk dapat melakukan panggilan FaceTime dengan iPhone pengguna. Apple diharapkan sudah bisa menambal trojan horse pada iOS 13 sebelum resmi meluncurkannya pada tanggal 30 September mendatang.

Baca Juga:  Galaxy Note 10 Mudah Terkoneksi ke MacBook - SINDOnews.com

Simak Video “Diperkenalkan di WWDC 2019, Apa yang Baru dari iOS 13?
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close