Berita Terkini

BI menurunkan suku bunga acuan menjadi 5% hari ini – Kontan

ILUSTRASI. RDG BI Oktober 2019 memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga BI-7DRRR ke degree 5%. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.

KONTAN.CO.ID – JAKARTA.Rapat Dewan Gubernur Monetary institution Indonesia (RDG BI) Oktober 2019 memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga   BI – 7 Days Reverse Repo Fee (BI-7DRRR) ke degree 5%.  

Suku bungadeposit facilitydanlending facilitymasing-masing juga turun sebesar 25 bps ke degree 4,25% dan 5,75%. “Kebijakan tersebut konsisten dengan prakiraan inflasi yang terkendali dan imbal hasil aset keuangan domestik yang tetap menarik. Serta sebagai langkahpre-empetiveBI untuk mendorong pertumbuhan ekonomi domestik di tengah kondisi ekonomi world yang melambat,” tutur Gubernur BI Perry Warjiyo dalam konferensi pers, Kamis (24/10).

Baca Juga:  Lagi dan Lagi, Suku Bunga BI Turun ke 5% - detikFinance

Baca Juga:Jelang siang, rupiah hari ini bertengger di degree Rp 14.014 per dolar AS

Sebelumnya, Kepala Penelitian Makroekonomi dan Finansial LPEM FEB UI Febrio Kacaribu memperkirakan BI menurunkan lagi suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps). Penurunan suku bunga dianggap perlu untuk merespon perlambatan ekonomi domestik, serta dimungkinkan dengan kondisi kurs, inflasi, dan arus masuk modal yang masih positif sepanjang tahun ini.  

Sementara, Ekonom Monetary institution UOB Enrico Tanuwidjaja sebelumnya memproyeksi BI menahan suku bunga. “Mereka akansustaindulu dan akan menempuh kebijakan makroprudensial lainnya, seperti penurunan Giro Wajib Minimum (GWM),” kata Enrico, Selasa (22/10) lalu.  

Baca Juga:  Tak Terima Suap PLTU Riau-1, Mantan Bos PLN Sofyan Basir Divonis Bebas - Katadata News

Enrico memprediksi BI akan kembali memotong suku bunga acuan sebanyak 25 bps menjadi 5,00% pada Desember 2019.

Reporter: Grace Olivia
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Sumber

Tags
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker