Bisnis

Besok Suspensi Saham Bank Artos Dibuka, Beli atau Hindari? – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia– Bursa Efek Indonesia (BEI) akan membuka kembali perdagangan sahamPT Financial institution Artos Indonesia Tbkdi pasar reguler dan pasar tunai mulai Senin 7 Oktober besok, setelah pada Jumat ini (4/10) saham monetary institution ini disuspensi atau dihentikan sementara perdagangannya.

- Advertisement -

“Dengan ini diumumkan bahwa suspensi atas perdagangan saham Financial institution Artos di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I, 7 Oktober,” kata Lidia M Panjaitan, Kadiv Pengawasan Transaksi BEI dan Mulyana, PH Kadiv Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, dalam pengumuman di bursa, Jumat sore kemarin (4/10).

Lalu apakah investor bisa memburu saham monetary institution yang dikabarkan akan menjadi Financial institution Gojek alias GoBank ini?

Hans Kwee, Direktur PT Anugerah Mega Investama, mengatakan jika harga saham satu emiten sudah lumayan banyak naiknya, maka biasanya risiko atas saham itu juga meningkat sehingga investor perlu berhati-hati dengan tipikal saham seperti ini.

- Advertisement -

Investor tentu harus melihat classic perusahaan sebelum masuk pada suatu saham jadi tidak hanya melihat isu pasar. 

Baca Juga:  Alasan di Balik Mundurnya CEO Nissan Motor Hiroto Saikawa - Bisnis.com

“Rekomendasinya kalau mau beli, ya sedikit saja, kalau ada posisi bisasupportdulu. Ini karena peluang [GoBank]kanmasihassert, jadi bisa juga [sahamnya] koreksi. Jadirecall-nya spekulasi,” kata Hans kepada CNBC Indonesia, Minggu (6/10).

Records perdagangan mencatat saham ARTO meroket 1.046% secaraone year to this leveldan 1 bulan terakhir naik 154%.

Adapun soal pergerakan indeks, dia memperkirakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang konsolidasi menguat di pekan ini denganfortify (batas bawah) di degree 5.997 sampai 5.900 danresistance (batas atas) di degree 6.154 sampai 6.200.

Records perdagangan mencatat, akhir pekan lalu, Jumat, IHSG berhasil memutus pelemahan selama 5 hari terakhir beruntun, dan menutup perdagangan akhir pekan dengan kenaikan sebesar 22 poin atau 0,38% ke degree 6.061.

Pada Jumat lalu, BEI juga membuka perdagangan Financial institution Artos yang akan dimulai pada Senin besok. Sebelumnya BEI terpaksa melakukan suspensi karena saham ARTO begitu liar setelah kabar monetary institution tersebut akan berubah menjadi Financial institution Gojek atau GoBank. BEI akhirnya membuka suspensi perdagangan setelah mendapatkan surat penjelasan yang diberikan Financial institution Artos atas pertanyaan Bursa hari ini.

Baca Juga:  Meluncur Besok, Ini Hasil Kamera 108MP Xiaomi Mi Note 10 - Selular.ID

Direktur Utama sekaligus Sekretaris Perusahaan Financial institution Artos, Deddy Triyana, mengatakan informasi monetary institution tersebut berubah menjadi Financial institution Gojek ialah bukan dari perusahaan.

“Dalam pemberitaan di atas juga dikutip pernyataan Dirut MEI [PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia, pembeli Bank Artos] bahwa saat ini tidak ada rencana bagi Financial institution Artos nantinya untuk melakukan kerja sama eksklusif dengan platform teknologi atau ekosistem mana pun,” tegas Deddy dalam surat jawaban kepada BEI, dikutip CNBC Indonesia, Jumat (4/10).

Dalam surat tersebut, Deddy juga menjelaskan, sehubungan dengan rencana pengambilalihan saham perseroan (akuisisi), pihaknya sudah menyampaikan informasi sesuai dengan pengumuman ringkasan rancangan pengambilalihan yang telah diumumkan oleh Financial institution Artos pada 22 Agustus 2019.

Baca Juga:  PM Inggris Do or Die Besok, Poundsterling Jadi Mager - CNBC Indonesia

Adapun perubahan informasi dan pernyataan kembali atas ringkasan rancangan pengambilalihan atau akuisisi tersebut juga sudah disampaikan kepada otoritas bursa pada 26 September 2019.

“Metamorfosis Ekosistem Indonesia atau MEI dan Wealth Song Expertise [WTT] bermaksud untuk mengambilalih saham yang mewakili tidak kurang dari 51% yang terdiri dari 37,65% akan diambilalih oleh MEI dan 13,55% akan diambil oleh WTT,” jelasnya.

Sepanjang tahun ini, entire BEI sudah melakukan penghentian sementara sahamARTO sebanyak tiga kali guna mendinginkan pasar (cooling down) seiring dengan kenaikan harga sahamnya yang tidak wajar.

Simak ini penyelamat Financial institution Artos dari kerugian.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close