Beranda » Bisnis » Begini Cara dan Syarat Agar Waralaba Anda Dibantu Ekspansi ke Luar Negeri – Kompas.com – KOMPAS.com

Begini Cara dan Syarat Agar Waralaba Anda Dibantu Ekspansi ke Luar Negeri – Kompas.com – KOMPAS.com

by Masasih.id
Begini Cara dan Syarat Agar Waralaba Anda Dibantu Ekspansi ke Luar Negeri – Kompas.com – KOMPAS.com

Konferensi Press FLEI 2019 di Jakarta, Kamis (5/9/2019)KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKonferensi Press FLEI 2019 di Jakarta, Kamis (5/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com– Ketua Umum Perhimpunan Waralabadan Lisensi Indonesia (WALI) Levita Ginting Supit mengatakan, pihaknya akan membantu pebisniswaralabamengekspansi bisnisnyake luar negeri.

Adapun dalam membantu bisnisfranchise ekspansi, pihaknya punya cara serta syaratyang harus dipenuhi pebisnis franchise tersebut.

Salah satu syarat yang pihaknya pilih adalah pebisnis yang sudah siap ekspor. Sebab, cara berbisnis di luar negeri akan sangat berbeda dengan berbisnis di dalam negeri dalam segi kultur maupun pendekatan.

Baca Juga:  Sangar Banget, Wajah Baru Mobil Masa Depan Toyota - Detikcom

“Cara yang kami lakukan adalah yakin dengan bisnis tersebut. Maksudnya yakin kalau mereka sudah siap ekspor karena berbeda cara bisnisnya,” kata Levita Ginting Supit di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca juga:Waralaba Asing Menjamur di Pasar Lokal, Berdampak Baik atau Buruk?

Setelah itu, pihaknya akan menjembatani pebisnis waralaba Indonesia yang telah terpilih tadi dengan pihak yang bersangkutan di negara tersebut. Pun mengundangnya mengikuti pameran internasional.

“Kami akan bawa pengusaha waralaba lokal ikut dalam expo internasional, seperti di Singapura, Perancis, Thailand, Fresh York, dan sebagainya. Itu tujuannya agar dilihat sama pebisnis sana, bisnis apa yang kira-kira cocok dibawa berdagang ke negaranya,” jelas Levita.

Baca Juga:  Hei Milenial, Begini Cara Bikin Startup yang Benar, Enggak Instan - VIVA - VIVA.co.id

Sedangkan bagi pengusaha waralaba yang berminat dawdle-global, Levita menyarankan untuk memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baca juga:Mau Kembangkan Bisnis Waralaba ke Kancah International? Simak Tips Ini

Pasalnya, hal itu merupakan standarisasi WALI dalam memilih bisnis yang akan dibawanya ke luar negeri. Dengan STPW, bisa dipastikan bisnis waralaba Anda sudah take dan lebih mampu diterima di negara lain.

Baca Juga:  Suzuki Jimny Baru Jadi Armada Kepolisian Italia, Modifan Simpel Tapi Fungsional - GridOto.com

“Karena negara tersebut biasanya minta STPW. Kalau sudah punya STPW biasanya sudah memenuhi syarat. Syaratdapat STPW saja kan banyak ya, bisnisnya harus sudah berjalan 5 tahun, pembukuannya harus sudah menguntungkan, dan sebagainya,” papar dia.

“Jadi dengan STPW itu syaratnya. Sekarang begini, bagaimana bisnis tersebut bisa dijual di negara orang kalau bisnisnya belum untung?” pungkas Levita.

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More