Kesehatan

Beberapa Gejala Terkait Osteoporosis Dini – WinNetNews


Winnetnews.com –Seiring kita bertambah tua,tulangakan mengalami penurunan fungsi dan kekuatannya. Tulang yang rapuh dan mudah patah pada akhirnya dapat memicuosteoporosis. Sayangnya, ada berbagai gejala osteoporosis dini yang kerap samar sehingga seringkali diabaikan. Yuk, ini saatnya untuk lebih memerhatikan kondisi tubuh Anda!

- Advertisement -

Berbagai gejala osteoporosis dini

Di awal kemunculannya, osteoporosis jarang menunjukkan tanda-tanda yang jelas. Penyakit ini biasanya baru terlihat ketika sudah lanjut. Namun, jika Anda bisa lebih peka terhadap tubuh sendiri, ada beberapa gejala yang menunjukkan mengalami osteoporosis dini.

1. Gusi menyusut

Gigi dan gusi ditopang oleh tulang rahang. Maka ketika osteoporosis menyerang, tulang rahang pun akan kehilangan kepadatannya sehingga garis gusi terlihat menyusut.

- Advertisement -

Khususnya jika gejala osteoporosis dini menyerang tulang belakang lumbar. Tulang rahang yang rapuh sangat berkaitan dengan gejala pengeroposan tulang di bagian ini.

Baca Juga:  ASAM URAT - Penyebab Asam Urat, Gejala Nyeri dan Daftar Sayuran Wajib Dihindari, Bukan Cuma Jeroan - Tribun Medan

Jika Anda melihat ada perubahan pada gusi, periksakan ke dokter gigi untuk melihat kondisi lebih jelasnya. Dokter biasanya akan melakukan rontgen gigi untuk melihat pengeroposan tulang yang terjadi.

Dari hasil rontgen, dokter bisa menyimpulkan masalah yang Anda alami. Namun jika ternyata hasil rontgen mulut kurang jelas, dokter akan melakukan berbagai tes lanjutan.

2. Kekuatan genggaman melemah

Sebuah penelitian dalam jurnalOrthopaedic Surgerymenemukan bukti bahwa melemahnya kekuatan genggaman berkaitan dengan tulang rangka yang mengalami pengeroposan.

Ketika gejala ini Anda alami, jangan dianggap angin lalu. Satu atau dua kali mungkin masih terbilang wajar. Namun, jika hal ini terjadi terus menerus Anda juga perlu waspada dan memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga:  Anak Alergi Susu Sapi, Ini Langkah yang Bisa Dilakukan - TIMES Indonesia

Kondisi ini bisa jadi gejala osteoporosis dini yang perlu diwaspadai dan kerap diabaikan, terutama pada  wanita pascamenopause.

Kekuatan genggaman yang melemah bisa mendatangkan masalah lebih besar, yaitu patah tulang. Pasalnya, ketika pegangan seseorang melemah, ia akan sulit untuk menjaga keseimbangan dirinya.

Pegangan dan genggaman yang kuat menjadi cara tepat mencegah jatuh. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi dan mencegah keparahan osteoporosis jika memang menyerang Anda.

3. Kram, nyeri otot, dan nyeri tulang

Kram, nyeri otot, dan nyeri tulang sebenarnya jadi hal yang kerap muncul dan hilang dengan sendirinya seiring pertambahan usia. Namun, ketika Anda merasakan berbagai keluhan ini terus menerus dan semakin nyeri, hal ini bisa jadi peringatan.

Baca Juga:  Beberapa Aplikasi di Android Terdeteksi Berbahaya Melebihi Malware - SINDOnews.com

Nyeri otot dan tulang jadi gejala yang sering diabaikan. Menurut para ahli, kekurangan vitamin D dikaitkan dengan nyeri pada otot dan tulang.

Selain itu, kram juga bisa jadi tanda atau sinyal bahwa kadar kalsium, magnesium, dan kalium dalam darah terlalu rendah.

Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, tulang lama-lama bisa keropos. Oleh karena itu, ketika nyeri sering menyerang, jangan abaikan dan segera periksakan ke dokter karena bisa jadi ini gejala dini osteoporosis.

Baca Selengkapnya>>>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close