Teknologi

“Back to 90s”, Ada Panel Boombox di Jam Tangan Terbaru G-Shock – Kompas.com – Lifestyle Kompas.com


KOMPAS.com– Mereka yang melewati usia remaja di dekade 80-90an pasti ingat dengan perangkat pemutar kaset/radio “boombox“. 

- Advertisement -

Piranti elektronikyang diproduksi oleh banyak merek dunia tersebut, umumnya memiliki satu kekhasan bentuk. 

Biasanya ada dua speaker besar berdampingan, dengan tombol-tombol fungsional dan panel indikator berwarna-warni di sekitarnya. 

Di jamannya,boomboxtak sekadar alat pemutar musik, tapi menjadi semacam simbol gaya hidup dan pergaulan.

- Advertisement -

Kotak besar yang mampu memutar musik dengan suara keras meski berkuatan baterai itu, menjadi ornamen wajib di tengah kerumunan anak muda pada jamannya.

Baca juga:Jam Tangan G-Shock GM-5600, Versi Murah dari Varian Beefy Metal

Berkembangnya musikhip-hoppada abilities itu pun, membuatboomboxmenjadi salah satu penanda fesyen, selain pakaiangombrangyang cenderung berwarna-warni.

Baca Juga:  Oppo Umumkan Kemitraan dengan Riot Games untuk League of Legends - Liputan6.com

Kini, setelah lebih dari dua dekade berlalu, kemasyuranboomboxkembali dibangkitkan dengan hadirnya koleksi jam tangan terbaru Casio, G-Shock.

Ya,perusahaan elektronik asal Jepang tersebut memperkenalkan serangkaian jam tangan analog-digital G-Shock, yaitu seri GA-140yang dirancang dengan cita-rasa retro90an.

Boombox retroSHUTTERSTOCKBoombox retro

Serangkaian jam tangan ikonik G-Shock tersebut memiliki desaindialyang inspirasinya diambil dariboombox.

Perbedaan mendasar pada arloji ini, dibanding varian sejenis GA-100 dan GA-110 ada pada desain bagiandial,alias permukaan jam tangan.

Di sana terdapat dua buah panel digital berbentuk lingkaran, yang ditempatkan di posisi jam 12 dan 6. Lalu indikator analog yang juga berbentuk sama, ditempatkan di posisi jam 3.

Ketiga lingkaran di dalam permukaan jam itu masing-masing memiliki fungsi sebagai panel tune hari/tanggal,stopwatchdetik, hingga milidetik.

Baca Juga:  Harga OPPO K5 Terungkap Menjelang Peluncurannya - Bejagadget

Baca juga:G-Shock x Herschel Present, Jam Tangan Baru Kental Gaya Militer, Mau?

Lalu, masih ada empat bidang digital berbentuk balok di sekitar ketiga lingkaran itu, yang membentuk pola grafis dengan sentuhan warna-warni.

“Sekarang coba bandingkan dengan penampakan dial ini, dengan model panel pada boombox, pasti langsung kelihatan inspirasinya datang dari mana.”

Begitu kata Riry Silalahi, Marketing Supervisor, Casio Singapore Pte., Ltd, Jakarta Representative Space of work, kepadaKompas.com,saat peluncuran koleksi GA-140, di kawasan Senopati, Jakarta, Rabu (31/10/2019).

G-Shock GA-140SHUTTERSTOCKG-Shock GA-140

Lebih jauh Riry menjelaskan, tampilan dial retro tersebut pun tak meninggalkan fungsionalitas khas G-Shock yang selama ini dikenal.

‘Panel analog di posisi jam 3 misalnya, berfungsi sebagaistopwatch1/1000 dengan kemampuanchronographic, termasuk di dalamnyaelapsed time, carve up time, dan lap time,”kata dia.

Baca Juga:  Samsung Galaxy Tab A 2019, Tablet Murah Meriah dan Ramah Anak - Hitekno.com - hitekno.com

Baca juga:Intip Arloji G-Shock yang Terinspirasi Album Gorillaz

GA-140 pun tetap mempertahankan ketangguhan dan ketahanannya terhadap guncangan, serta daya tahan tekanan hingga kedalaman 200 meter, serta lampu LED untuk penerangan.

“Kesan 90an pada GA-140 juga diperkuat oleh adanya layar LCD di sekeliling jarum jam dan menit, yang diadaptasi dari gadget digital retro,” tambah Riry.

Riry menyebut, GA-140 dirilis dengan lima pilihan warna yaitu hitam, biru, merah-abu, ungu, dan hitam dengan aksen merah dan jingga.

Arloji GA-140 dibandrol dengan harga ritel tertinggi Rp2.079.000, dan kini telah tersedia di toko-toko resmi Casio di seluruh Indonesia.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close