Teknologi

Aplikasi Quick Apps Xiaomi Diblokir Google Play, Ada Apa? – Suara.com


Suara.com –AplikasiRapid AppsbuatanXiaomitelah diblokir oleh layananGoogle PlayGive protection to karena diduga bermasalah dengan privasi pengguna. Aplikasi itu disebut telah mengumpulkan recordsdata pribadi untuk menampilkan iklan yang ditargetkan.

- Advertisement -

Beberapa pengguna melaporkan menerima pemberitahuan pop-up dari Play Give protection to yang memberitahu bahwa pembaruan aplikasi Rapid Apps telah diblokir. Dalam pemberitahuan tersebut tertulis “Aplikasi ini dapat mengumpulkan recordsdata yang dapat digunakan untuk melacak Anda”.

Baca Juga:  Lagi Viral Aplikasi Gradient, Ubah Wajah Mirip Artis Idola, Unduh & Ikuti Cara Berikut - Surya Malang

Meskipun aplikasi itu tidak tersedia di Google Play Retailer dan didistribusikan di platform Xiaomi sendiri, Play Give protection to masih akan memindai semua aplikasi yang diinstal pada smartphone yang dilengkapi Play Products and services.

Aplikasi Rapid Apps, demikian dilansir Android Police, memiliki akses luas ke lebih dari 55 izin yang memungkinkannya mengumpulkan recordsdata berupa nomor SIM, nomor IMEI, akses izin ke telepon, hingga merekam audio dan video.

- Advertisement -

Dari bukti yang dikumpulkan, sepertinya Xiaomi menggunakan recordsdata-recordsdata tersebut untuk menargetkan iklan kepada pengguna yang akan muncul di layar kunci, widget berita, atau dalam iklan browser.

Baca Juga:  Xiaomi Patenkan Desain Kamera Selfie Sudut : Okezone techno - Okezone

Meski begitu, Xiaomi mengatakan akan mengurus masalah ini dan meyakinkan pengguna bahwa aplikasi Rapid Apps sepenuhnya aman.

“Kami mengetahui pembaruan terkait salah satu aplikasi sistem kami yang disebut Rapid Apps. Beberapa pengguna mungkin mendapat pemberitahuan bahwa aplikasi ini diblokir oleh Google Play Give protection to. Kami menghubungi Google mengenai hal ini dan kemungkinan hal itu terjadi karena adanya revisi dalam algoritma Google Play Give protection to. Yakinlah bahwa aplikasi sistem ini benar-benar aman,” tulis Xiaomi dalam sebuah pernyataan yang diterima Android Police.

Baca Juga:  OPPO Reno2 Series Meluncur di Jakarta & Siap Bebaskan Kreativitas Pengguna - KAORI Nusantara

Sejauh ini, aplikasi Rapid Apps milik Xiaomi masih diblokir.

Baca Selengkapnya>>>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close