Beranda » Teknologi » Aplikasi Quick Apps Xiaomi Diblokir Google Play, Ada Apa? – Suara.com

Aplikasi Quick Apps Xiaomi Diblokir Google Play, Ada Apa? – Suara.com

by Dendi Priatna
0 views
Aplikasi Quick Apps Xiaomi Diblokir Google Play, Ada Apa? – Suara.com


Suara.com –AplikasiRapid AppsbuatanXiaomitelah diblokir oleh layananGoogle PlayGive protection to karena diduga bermasalah dengan privasi pengguna. Aplikasi itu disebut telah mengumpulkan recordsdata pribadi untuk menampilkan iklan yang ditargetkan.

Beberapa pengguna melaporkan menerima pemberitahuan pop-up dari Play Give protection to yang memberitahu bahwa pembaruan aplikasi Rapid Apps telah diblokir. Dalam pemberitahuan tersebut tertulis “Aplikasi ini dapat mengumpulkan recordsdata yang dapat digunakan untuk melacak Anda”.

Baca Juga:  Facebook Adopsi Fitur Close Friend Milik Instagram? - TIMES Jember

Meskipun aplikasi itu tidak tersedia di Google Play Retailer dan didistribusikan di platform Xiaomi sendiri, Play Give protection to masih akan memindai semua aplikasi yang diinstal pada smartphone yang dilengkapi Play Products and services.

Aplikasi Rapid Apps, demikian dilansir Android Police, memiliki akses luas ke lebih dari 55 izin yang memungkinkannya mengumpulkan recordsdata berupa nomor SIM, nomor IMEI, akses izin ke telepon, hingga merekam audio dan video.

Baca Juga:  7 Aplikasi Android Paling berguna November 2019 Yang Dapat meringankan hidup kalian! - Gamebrott.com

Dari bukti yang dikumpulkan, sepertinya Xiaomi menggunakan recordsdata-recordsdata tersebut untuk menargetkan iklan kepada pengguna yang akan muncul di layar kunci, widget berita, atau dalam iklan browser.

Meski begitu, Xiaomi mengatakan akan mengurus masalah ini dan meyakinkan pengguna bahwa aplikasi Rapid Apps sepenuhnya aman.

“Kami mengetahui pembaruan terkait salah satu aplikasi sistem kami yang disebut Rapid Apps. Beberapa pengguna mungkin mendapat pemberitahuan bahwa aplikasi ini diblokir oleh Google Play Give protection to. Kami menghubungi Google mengenai hal ini dan kemungkinan hal itu terjadi karena adanya revisi dalam algoritma Google Play Give protection to. Yakinlah bahwa aplikasi sistem ini benar-benar aman,” tulis Xiaomi dalam sebuah pernyataan yang diterima Android Police.

Baca Juga:  Awas! 59 Aplikasi Ini Bawa Masalah ke HP Android & iPhone - CNBC Indonesia

Sejauh ini, aplikasi Rapid Apps milik Xiaomi masih diblokir.

Baca Selengkapnya>>>

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More