Bisnis

Akankah MIND ID Serap Divestasi Vale, Berapa Nilainya? – CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia– Induk usahaPT Vale Indonesia Tbk (INCO)di Brasil akhirnya menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) guna membahas proses pelepasan atau divestasi 20% saham perusahaan yang sudah mendekati tenggat pada Oktober mendatang.

- Advertisement -

Namun usai pertemuan dengan Presiden Jokowi, manajemen Vale Indonesia belum bisa memberikan ingredient apakah 20% divestasi saham tersebut akan diserap oleh BUMN pertambangan yakni Mining Commerce Indonesia (MIND ID) atau tidak, sebagaimana yang dilakukan saat divestasi PT Freeport Indonesia.

MIND ID adalahworthbaru yang resmi diperkenalkan untukmaintainingBUMN pertambangan yang sebelumnya bernama PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum.

Baca Juga:  Gelar Pertemuan, Manajemen Citilink dan Sriwijaya Kompak Hindari Media - Kompas.com - KOMPAS.com

Lohkalau divestasi inikanselalu begitu [ditawarkan ke BUMN]. [Cuma] pastinya belum [detail],” kata Nico Kanter, President and CEO Vale Indonesia, usai pertemuan dengan Jokowi di Istana Negara, Senin (23/9/2019).

- Advertisement -
Dalam pertemuan itu, Jokowi juga menerima Eduardo Bartolomeo, President and CEO Vale SA (Brazil), Mark Travers,Executive DirectorVale Heinous Metal (Kanada), dan Nico Kanter.

“[tanya] ESDM [soal Inalum]. Pemerintah akanfortify, itu janji presiden karena Vale menunjukkan komitmennya.Kandia [presiden] bilang akan dipercepat. JadiinsyaAllah nih doain ajaya [divestasi dipercepat], kata Nico.

Baca Juga:  Akankah AS Jadi 'Juru Selamat' Hong Kong? - CNBC Indonesia

“Kalau dilihat-lihatsiharahnya ke pemerintah, siapa [pihak yang ditunjuk] pemerintah tentukan ya kita tunggu saja lah [BUMN-nya siapa],” kata Nico sambil menjelaskan bahwa Vale Indonesia sudah siap.

Nico juga sekali lagi menegaskan bahwa komitmen yang disampaikan kepada Presiden ialah mengenai investasi secara jangka panjang di Indonesia.

Dia menjelaskan, investasi ke depan arahnya tetap pada feronikel dan HPAL atau High Stress Acid Leaching Project. “Oh kalau untuk investasikansesuai yang pernah kami sampaikan. Kami akan tetap ada di feronikel dan HPAL. Semua itu akan ke arah sana.”

Baca Juga:  Ekspor Pakan Ternak ke Timor Leste, Saham JPFA Malah Merah - CNBC Indonesia

“Yah, [termasuk]smelteryang akan dibangun itu nanti semuanya akan berkisar di feronikel dan HPAL yang nantinya akan menjadi bahan baku.

LANJUT HALAMAN 2: Berapa nilai divestasi?

(tas)

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close