Kesehatan

Agar Cepat Sembuh, Ini Beberapa Pantangan bagi Penderita Tipes – WinNetNews


Winnetnews.com – Saat sakit tipes, umumnya Anda harus istirahat entire entah itu di rumah atau diopname di rumah sakit agar cepat sembuh. Nah sementara menjalani pengobatan, ada beberapa pantangan yang harus dipatuhi agar penyakit tipes Anda tidak semakin parah. Apa saja hal yang harus dihindari saat tipes?

- Advertisement -

Pantangan saat sakit tipes yang harus dipatuhi

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteriSalmonella typhi. Semua orang bisa terkena tipes, tapi anak-anaklah yang paling rentan. Terlebih, tipes sering terjadi di lingkungan yang kotor dan sanitasi airnya buruk.

Bakteri penyebab tipes bisa masuk ke dalam tubuh lewat makanan dan minuman kotor yang terkontaminasi. Selain itu, Anda juga bisa tertular dari kontak langsung, seperti dengan menyentuh feses orang yang sakit tipes. 

- Advertisement -

Gejala tipes umumnya bisa sembuh sendiri seiring waktu dengan minum obat pereda nyeri dan istirahat. Dokter juga kadang akan memberikan resep antibiotik tertentu yang harus diminum teratur. Meski demikian, minum obat saja belum tentu cukup untuk membuat bakteri mati dan menyembuhkan Anda dari penyakit.

Baca Juga:  Perlu Dicoba, Ini 5 Manfaat Wortel untuk Kecantikan - IDN Times

Tanpa perawatan yang tepat, Anda kemungkinan masih membawa bakteri Salmonella typhii di dalam tubuh meski gejalanya sudah tidak lagi terasa. Jika demikian, risiko tipes untuk kambuh lagi pada beberapa bulan ke depan masih tinggi. Anda juga tetap dapat menularkan bakteri penyebab tipes ke orang lain.

Maka agar bisa sembuh entire tanpa risiko kambuh lagi, patuhi sejumlah pantangan saat tipes ini. 

Baca Juga:  Cepat Hapus Aplikasi Perusahaan Israel Ini! Bahaya Buat Rekening Kamu! - Investing.com Indonesia

1. Jangan jajan sembarangan

Meski sedang sakit, keinginan untuk jajan di pedagang kaki lima mungkin tetap ada. Apalagi jajanan pinggir jalan kerap lebih menggugah selera ketimbang “makanan orang sakit”, seperti bubur.

Namun, jajan sembarangan justru menjadi pantangan paling utama dan pertama saat Anda sakit tipes. Pantangan ini juga bahkan tetap harus dilanjutkan setelah Anda sembuh sekali pun. 

Baca Juga:  Tidak Bisa Sembuh Sendiri, Pahami Bahaya Gumpalan Darah yang... - SINDOnews.com

Jajan sembarangan dilarang karena Anda tidak pernah tahu bagaimana cara si pedagang menyiapkan memasak, menghidangkan masakannya, sampai caranya membersihkan peralatan masaknya. Anda juga tidak bisa tahu apakah ia sudah cuci tangan atau bahan makanan yang dipakainya benar-benar sehat dan segar atau tidak. 

Makanan dan minuman yang tidak higienis adalah penyebab terjadinya tipes. Jajan sembarangan saat tipes justru dapat semakin memperparah gejalanya. Bakteri salmonella bisa hidup dan berpindah ke dalam makanan dari tangan orang yang terkontaminasi feses. 

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close