Kesehatan

Adakah Kaitan Antara Payudara Gatal dan Kanker Payudara? – WinNetNews


Winnetnews.com – Bagi sebagian wanita, payudara yang terasa gatal adalah hal yang wajar terjadi, namun ada yang menganggap sensasi gatal ini terkait dengankanker payudara, apalagi jika gatal cenderung sering terjadi dan berlangsung cukup lama dan tak kunjung menghilang meski sudah digaruk. Hanya saja, apakah memang payudara yang terasa gatal terkait dengan risiko kanker payudara?

- Advertisement -

Kaitan Antara Payudara Gatal dengan Kanker Payudara

Pakar kesehatan dr. Clare Morrison menyebut meskipun payudara kita terasa gatal, jangan langsung panik apalagi langsung berpikir bahwa kita terkena kanker payudara. Memang, salah satu tanda dari kanker payudara adalah payudara yang gatal, namun hal ini cenderung tidak sering terjadi.

Baca Juga:  Remaja 15 Tahun Idap HIV, Orang Tua Merasa Malu dan Memilih Mengurungnya Hingga Meninggal - Tribunnews

“Radang karena kanker payudara memang bisa menyebabkan sensasi gatal, nyeri, pembengkakan, hingga kemerahan pada kulit. Hal ini jarang terjadi,” ucap dr. Morrison sebagaimana dilansir dari metro.co.uk.

Dr. Morrison menyebut besar kemungkinan sensasi gatal ini seringkali terkait dengan masalah kesehatan lainnya seperti iritasi pada kulit, terjadi peradangan pada payudara, kehamilan, efek dari pra-menstruasi, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.

- Advertisement -

“Seringkali payudara yang gatal terkait dengan kulit kering, dermatitis, alergi, atau bahkan terbakar sinar matahari. Masalah kulit lain seperti eksim, psoriasis, gigitan serangga, dan lain-lain juga bisa menyebabkannya. Kondisi ini bisa terjadi jika kita sering memakai baju dengan kerah yang lebar,” ucapnya.

Baca Juga:  Suka Gatal di Payudara Benarkah Jadi Pertanda Kanker? - Suara.com

Selain itu, penggunaan bra yang kurang nyaman juga bisa menyebabkan sensasi gatal pada payudara. Apalagi jika kita juga menggunakannya sambil melakukan aktivitas yang bisa membuat keringat lebih banyak keluar. Bahan bra yang tidak tepat juga bisa memicu datangnya gatal-gatal atau infeksi jamur pada kulit payudara.

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close