Kesehatan

7 Tantangan KPA Hadapi Penanggulangan HIV/AIDS di Sumut – WartaEkonomi.co.id



WE Online, Jakarta

Provinsi Sumatera Utara berdasarkan data Kumulatif dan Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Utara kasus HIV ada 4182 dan AIDS ada 5180 dengan jumlah total 9362 ODHA. Dengan jumlah ini maka Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sumut menyebutkan ada 7 hal dalam menghadapi tantangan penanggulangan tersebut.

Sekretaris KPA Sumut, Rachmatsyah mengatakan 7 tantangan dalam penanggulangan HIV/AIDS di Sumut yaitu pertama belum semua Kabupaten/Kota membentuk KPA sebagai lembaga kordinasi dalam penanggulangan HIV danAIDSdi daerah. 

Baca Juga:  Supaya Reverse Diet Sukses, Ini Asupan Makanan yang Disarankan - detikHealth

“Kedua KPA Provinsi dan Kabupaten/Kota yang aktif dalam penanggulangan HIV dan AIDS masih belum memiliki anggaran yang cukup untuk melakukan upaya penanggulangan HIV dan AIDS secara maksimal, kemudian ketiga koordinasi penanggulangan HIV dan AIDS masih belum berjalan dengan baik,” katanya, Kamis (28/11/2019).

Baca Juga:Terapkan Syariat Ketat, Kenapa Penderita HIV/AIDS di Aceh Masih Tinggi?

Baca Juga:  Hadapi Duel Krusial Persija Jakarta vs Bali United, Yabes Tanuri Sebut Tim Masih Butuh Irfan Bachdim - Tribun Bali

Baca Juga:Menelusuri Penularan Virus HIV/AIDS di Kalangan Masyarakat Sumut

Kemudian yang keempat masih adanya stigma dan diskriminasi terhadap para ODHA dari masyarakat. Kelima perkembangan kasus HIV dan AIDS masih didominasi usia produktif dengan faktor risiko utama hubungan seks. 

“Untuk yang keenam masih belum maksimalnya penemuan kasus HIV dan AIDS dan ODHA yang harus mendapatkan CST (Care, Support dan Treatment). Dan yang ketujuh atau terakhir masih belum maksimalnya keberanian masyarakat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada, Klinik VCT, untuk mengetahui status HlV-nya,” ujarnya.

Baca Juga:  Hadapi Real Mallorca, Real Madrid Coret Eden Hazard dari Daftar Susunan Pemain - Bola.com

Baca Selengkapnya>>>

Tags
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker