Beranda » Kesehatan » 7 Kiat Mengatasi Radang Tenggorokan Tanpa Obat – JPNN

7 Kiat Mengatasi Radang Tenggorokan Tanpa Obat – JPNN

by Ulpatul
7 Kiat Mengatasi Radang Tenggorokan Tanpa Obat – JPNN


jpnn.com– Hampir semua orang pasti pernah mengalami radang tenggorokan. Penyakit ini juga bisa terasa sangat mengganggu akibat sensasi rasa gatal pada tenggorokan, tapi Anda tidak bisa menggaruknya. Padahal, mengatasi radang tenggorokan sebenarnya bukan sesuatu yang rumit karena bisa dilakukan tanpa obat.  

Radang tenggorokan sering kali terjadi ketika tubuh Anda sedang tidak match atau saat daya tahan tubuh menurun. Saat mengalami kondisi ini, mengonsumsi makanan berminyak seperti gorengan bisa dengan mudah menyebabkan iritasi pada tenggorokan. Selain itu, infeksi virus maupun bakteri sebagai penyebab radang tenggorokan pun lebih mudah terjadi.

Guidelines mengatasi radang tenggorokan yang bisa Anda lakukan di rumah
Untungnya, radang tenggorokan bisa diredakan tanpa harus menggunakan obat. Berikut ini adalah beberapa methods untuk mengatasi radang tenggorokan yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah:

1. Berkumur dengan air garam

Cara paling mudah untuk mengatasi radang tenggorokan adalah berkumur dengan air garam, sebab dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan yang tidak bisa Anda garuk. Selain itu, garam juga dapat mengeluarkan lendir pada tenggorokan yang bengkak dan meradang.

Baca Juga:  Kopi Jahe Efektif Atasi Flu dan Pilek - ayobandung.com

2. Konsumsi permen isap

Terdapat beberapa permen isap yang juga dapat meredakan radang tenggorokan. Biasanya, permen ini memiliki rasa mint yang dingin dan sedikit pedas. Dengan mengisap permen ini, maka rasa gatal pada tenggorokan Anda akan reda.

Selain itu, permen ini juga akan menstimulasi produksi air liur, sehingga tenggorokan Anda akan terhindar dari kekeringan yang menyebabkan radang tenggorokan menjadi semakin gatal.

3. Manfaatkan madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk dapat meredakan radang tenggorokan. Sebab, madu punya sifat antiradang dan antibakteri.

Lalu, madu juga bisa memberikan hidrasi pada tenggorokan. Untuk mengonsumsi madu, Anda dapat mencampurkannya dengan air atau teh hangat.

4. Pakai principal oil

An principal oil dibuat dari daun, bunga, atau akar tanaman tertentu melalui proses yang dikenal sebagai distilasi. Oleh sebab itu, principal oil atau minyak esensial masih mengandung banyak manfaat asli dari tanamannya. Beberapa principal oil yang baik untuk radang tenggorokan adalah echinacea, pepermin, lavendel, jahe, dan lemon. 

Baca Juga:  Mengenal Kanker Kelenjar Getah Bening, Jenis, Faktor Risiko, hingga Gejalanya - Sriwijaya Post

5. Konsumsi teh

Minum teh juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi radang tenggorokan. Namun, teh yang dimaksud adalah teh yang disajikan hangat.

Teh mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh Anda melawan penyakit, seperti pilek dan infeksi virus lainnya. Teh juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan meningkatkan penyembuhan. Teh yang dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan adalah chamomile, kunyit, hijau, jahe, dan lemon.

6. Cukupi kebutuhan cairan

Ketika Anda mengalami radang tenggorokan, penting untuk menjaga asupan cairan Anda. Sebab, ketika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka produksi air liur dan lendir di dalam tubuh pun akan berkurang.

Air liur dan lendir sangat penting untuk lubrikasi tenggorokan secara alami. Jika produksinya berkurang, maka tenggorokan akan mengalami peradangan dan bengkak.

Baca Juga:  Galaktorea : Puting Payudara Mengeluarkan Cairan, Cermati Hal ini - Bisnis.com

Anda dapat membantu hidrasi dengan minum air putih hangat, teh hangat, atau sup. Hindari minum cairan yang terlalu panas karena justru dapat memperparah radang tenggorokan Anda.

7. Gunakan humidifier

Humidifier bisa membantu membuat udara menjadi lembap. Sementara, udara yang kering dapat menyebabkan hidung dan tenggorokan teriritasi dan menjadi bengkak.

Jika tidak memiliki alat humidifier, Anda dapat meletakkan semangkuk air hangat dan beberapa tetes minyak kayu putih di pojok ruangan. Hal ini juga dapat meredakan iritasi dan bengkak pada hidung dan tenggorokan Anda.

Jadi, ternyata mengatasi radang tenggorokan juga bisa tanpa menggunakan obat. Anda dapat mencoba beberapa methods di atas untuk mengatasi radang tenggorokan. Namun, jika radang tenggorokan tidak kunjung mereda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter agar bisa mendapat penanganan yang lebih tepat.(MS/RVS/klikdokter)

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More