Beranda » Berita Terkini » 7 Jenis Bahan Makanan yang Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak – tirto.id

7 Jenis Bahan Makanan yang Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak – tirto.id

by Jefri Kurniawan
7 Jenis Bahan Makanan yang Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak – tirto.id

Jenis bahan makanan yang tidak boleh dan tidak perlu dicuci sebelum dimasak.

tirto.identification– Dalam memasak bahan makanan, ada beberapa jenis bahan yang sebenarnya tidak boleh dicuci. Karena jika dicuci, tekstur atau bahan makanan tersebut bisa rusak. Selain itu, juga berbahaya buat kesehatan.

Berikut ini daftar bahan makanan yang tidak perlu dicuci sebelum dimasak beserta alasannya seperti dilansir lamanMashed:

1. Ayam dan bermacam unggas

Kebanyakan orang berpikir mencuci ayam mentah dan jenis unggas lainnya seperti bebek atau burung sebelum dimasak akan membantu membersihkannya dari bakteri dan mencegah penyakit bawaan dari hewan tersebut.

Padahal yang terjadi adalah sebaliknya, dengan mencuci justru akan menyebarkan bakteri ke semua permukaan bahan makanan. Cara terbaik adalah membilas dengan air panas atau merebusnya sehingga bakteri akan hilang.

Baca Juga:  Ini Jenis Kanker yang Menyerang Anak-anak hingga Dewasa, Simak - Saibumi.com

2. Daging mentah

Sama dengan ayam dan unggas, daging juga tidak baik dicuci sebelum dimasak agar bakteri tidak menyebar.

Selain itu, saat mencuci daging sebelum dimasak, jika airnya terciprat ke lantai atau alat dapur lainnya bisa menimbulkan bakteri lain di tempat tersebut. Untuk menghindari bakteri yang ada di daging, cukup rebus dengan air panas beberapa saat.

Kemudian usai memasak daging, segera bersihkan permukaan dapur agar tidak menimbulkan bakteri dan aroma yang tak sedap.

3. Ikan mentah

Seperti halnya unggas dan daging mentah, hindari mencuci ikan mentah untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri di sekitar dapur. Sebaiknya saat membeli ikan mentah, minta penjualnya untuk membersihkan juga.

Cara terbaik membersihkan ikan adalah dengan memberikan perasan jeruk nipis di ikan agar bau amis dan bakteri yang terkandung di dalamnya hilang.

Baca Juga:  5 Jenis Malware Ini Berpotensi Menyerang Indonesia - Bisnis.com

4. Telur

Mencuci telur juga tidak direkomendasikan sebelum dimasak, karena teknik khusus mencuci telur diperlukan sebagai bagian dari proses komersialisasi, jika tidak, telur bisa meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Teknik membersihkan telur adalah melap cangkangnya dengan kertas yang dilapisi dengan minyak mineral, sehingga telur tidak perlu dicuci lagi.

5. Spageti dan sejenis pasta lainnya

Jangan mencuci pasta sebelum dimasak, tetapi langsung direbus saja, karena pati alami dalam semua jenis pasta harus dipertahankan.

Pati dari air rebusan pasta justru membantu saus bisa menempel pada mie, sehingga akan menghasilkan saus kental dan lezat yang melapisi pasta dengan sempurna.

6. Jamur

Jika jamur dicuci sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, maka akan mempercepat jamur mengalami kelembaban sehingga membuat kondisi jamur juga cepat memburuk

Baca Juga:  5 Jenis Vitamin Ini Baik Untuk Meningkatkan Energi - Hallo Indo

Selain itu, jika dicuci maka akan sulit untuk mendapatkan tekstur renyah saat menumisnya, tekstur sama pentingnya dengan rasa. Sebaiknya keringkan jamur dengan menggunakan sikat.

Namun, jika ingin tetap mencucinya, gunakan sedikit air agar jamur tidak rusak.

7. Kalkun

Seekor kalkun utuh menjadi salah satu tantangan terbesar bagi siapa pun yang ingin memasaknya, hal itu karena ukurannya yang besar dan berat, sehingga jika mencucinya tentu menjadi hal yang rumit.

Kalkun diketahui mengandung bakterisalmonelladancampylobacter, dengan mencuci tidak hanya menghilangkan bakteri, namun justru akan menyebarkannya.

Jadi sebaiknya langsung rebus kalkun dengan air mendidih, kemudian angkat dan masak sesuai dengan keinginan.

(tirto.identification –Kesehatan)


Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More