Kesehatan

7 Cara menghilangkan sakit gigi secara alami, mudah dan ampuh – Brilio


Brilio.net –Ungkapan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi nampaknya terdengar logis. Pasalnya, sakit gigi tidak hanya membuat kita merasa sakit, tetapi kita juga menjadi kesulitan untuk makan, bahkan mempengaruhi suasana hati dan kesehatan secara menyeluruh.

- Advertisement -

Sakit gigi adalah salah satu masalah pada gigi dan mulut yang sangat menyiksa. Sakit ini akan memberikan rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi kita. Intensitas nyeri yang diberikan bisa berkisar dari ringan hingga parah. Rasa nyerinya pun bisa terjadi secara terus menerus atau timbul hilang tidak menentu.

Ada banyak faktor yang menyebabkan sakit gigi, mulai dari gusi bengkak, tumbuh gigi, gigi berlubang, abses gigi (adanya nanah di dasar gigi), tambalan gigi lama yang rusak, gigi retak atau patah dan lain sebagainya.

Sakit gigi yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan sakit di bagian kepala, demam, sakit di bagian pipi, dan nyeri pada gusi karena gusi berdekatan dengan gigi. Biasanya sakit gigi akan diikuti dengan membengkaknya gusi. Inilah yang membuat sakit gigi semakin menyiksa.

- Advertisement -

Meski sakit gigi seringnya tidak mengancam nyawa, kamu tetap tidak boleh menyepelekan kondis ini. Segera obati sakit gigi sebelum semakin parah dan menghambat aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan sakit gigi secara alami, yang mudah kamu lakukan di rumah dan ampuh, seperti dilansirbrilio.netdari berbagai sumber, Selasa (26/11).

1. Kompres dengan Es Batu.

Baca Juga:  Cara menghilangkan status 'typing...' di WhatsApp, mudah banget - Brilio

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: pixabay.com

Cara ini sudah tak asing lagi bagi penderita sakit gigi. Cara mengobati sakit gigi dengan es batu ini akan membuat saraf gigi kebas sehingga ngilu tidak terasa. Pertama yang harus kamu lakukan adalah masukkan beberapa bongkah es batu dalam plastik kemudian lapisi dengan waslap tipis. Setelah itu, tempelkan kompres pada bagian pipi yang terasa nyeri selama 15 menit. Kamu juga bisa tempelkan kompres langsung pada permukaan gigi yang ngilu.

Ada satu trik menarik lain yang bisa kamu coba agar cara ini lebih ampuh untuk menghilangkan sakit gigi yakni pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan kompres es batu. Hal ini dilakukan karena pada area ini terdapat saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan dingin, sehingga akan mengalahkan rasa sakit dari gigi.

2. Kumur dengan Air Garam.

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: freepik.com

Mengobati sakit gigi dengan air garam adalah cara yang dikenal paling ampuh dan cepat. Garam mampu menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga dapat mengatasi peradangan akibat infeksi.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melarutkan 1/2 sdt garam ke dalam satu gelas air hangat sekitar 240 ml. Setelah itu, berkumurlah menggunakan campuran air garam tersebut selama beberapa saat, konsentrasikan pada area yang sakit. Lalu buang bekas air kumur.

3. Kunyah Bawang Putih.

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: pixabay.com

Bawang putih memang dikenal memiliki banyak manfaat. Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.

Baca Juga:  6 Gejala Sakit Perut yang Anda Rasakan Berbahaya - Bisnis.com

Cara menghilangkan sakit gigi dengan bawang putih adalah dengan mengunyahnya. Kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang terasa nyeri. Saat terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin yang merupakan zat berminyak yang mampu membunuh bakteri.

4. Kunyah Daun Jambu Biji.

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: freepik.com

Daun jambu biji dikenal memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus analgesik atau pereda nyeri yang mampu mengatasi sakit gigi di rumah. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melipat atau menggulung satu atau dua lembar daun jambu, lalu kunyah sampai ekstrak air dari daun keluar. Gunakan lidah kamu untuk menangkap sari tersebut dan oleskan pada area gigi yang sakit.

Selain itu, kamu juga berkumur dengan campuran daun jambu biji dan garam. Rebuslah 4-5 lembar daun jambu lalu tambahkan sejumput garam. Dinginkan sebentar, lalu berkumurlah dengan larutan daun jambu sebagai obat sakit gigi.

5. Berkumur dengan Cuka.

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: freepik.com

Sama dengan daun jambu biji yang memiliki sifat antimikroba dan antibakteri, cuka apel juga mampu mengatasi sakit gigi yang menyiksamu. Kamu bisa menggunakan cuka apel dan cuka dapur untuk mengobati sakit gigi.

Perlu diketahui, asam dari cuka mampu merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Oleh karena itu, jangan langsung berkumur dengan cuka murni. Kamu harus larutkan dulu 1 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat, kemudian kamu bisa berkumur dengannya selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, buang sisa air kumur.

Baca Juga:  Dikonsumsi Rutin, ini Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh - Harian Riau

Namun, jika kamu tidak kuat dengan rasa masam dari cuka yang cukup tajam, kamu bisa teteskan cuka pada kapas dan tempetlkan kapas tersebut pada area gigi yang sakit.

6. Gunakan Minyak Cengkeh.

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: freepik.com

Minyak cengkeh terkenal efektif dalam meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan untuk sementara waktu. Kandungan senyawa eugenol pada cengkeh berperan sebagai antiseptik alami. Ada banyak cara untuk mengobati sakit gigi menggunakan minyak cengkeh.

Pertama, kamu bisa menggigit kapas yang telah direndam atau diberi minyak cengkeh ke bagian gigi yang sakit. Cara kedua, kamu bisa mencampurkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas air hangat dan bisa digunakan sebagai obat kumur. Lakukan cara ini beberapa kali per hari.

7. Menumbuk Jahe.

cara menghilangkan sakit gigi © 2019 freepik.com

foto: freepik.com

Jahe dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak khasiat. Jahe dikenal efektif untuk menghentikan rasa nyeri saat sakit gigi menyerang. Pasalnya, jahe mengandung antibiotik yang mampu membunuh kuman yang ada di dalam mulut terutama di bagian gigi berlubang.

Jika kamu ingin menggunakan jahe sebagai obat sakit gigi, kamu bisa menumbuk 1 siung jahe kemudian tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Tunggu selama beberapa menit sampai sakitnya hilang.

(mgg/Hameda Rachma)

Baca Selengkapnya>>>

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close