Bisnis

350 Waralaba Lokal dan Asing Ramaikan Pameran Kadin dan Wali – Bisnis Tempo.co


TEMPO.CO,Jakarta-Kamar Dagang & Industri Indonesia (Kadin) dan Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (Wali) mengelar acara pameran bisniswaralabalisensi, solusi retail da kafe di Jakarta Conference Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Jumat 13 September 2019. Acara ini diikuti sebanyak 350 jenis perusahaan baik waralaba yang dimiliki lokal maupun asing.

- Advertisement -

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Levita G. Supit mengatakan acara ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi pengusaha waralaba untuk mempromosikan dan mengembangkan bisnis. Bahkan menambah jaringan dengan harapan bisa memunculkan pengusaha baru di industri waralaba.

Baca Juga:  DP Kendaraan Akan Turun, Cukup Bayar 10 Persen - VIVA - VIVA.co.id

“Saat ini jumlah total pelaku di industri waralaba mencapai angka 2.000. Dan angka itu diperkirakan terus bertambah sejalan dengan semakin meningkatnya permintaan dan respon baik masyarakat terhadap bisnis waralaba,” kata Levita saat menyampaikan pidatonya dalam acara pembukaan, Jumat.

Levita menjelaskan, saat ini industri waralaba di Indonesia sudah juga mulai kedatangan pemain asing. Pemain asing yang membangun bisnis waralaba karena besarnya potensi pasar yang ada di Indonesia. Selain itu, banyak pula waralaba asal Indonesia yang kini sudah merambah pasar luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Amerika Serikat bahkan sampai ke Timur Tengah.

- Advertisement -

Selain itu, menurut Levita, sebagian besar jenis waralaba yang didatangkan pemain asing tersebut sebagian besar berada di sektormeals and beverageatau makanan. Hal ini juga terjadi dengan sejumlah waralaba asal Indonesia yang kini mulai ekspansi ke luar negeri.

Baca Juga:  Meluncur di Thailand, Apakah Yaris Cross Hadir di Indonesia? - Kompas.com - KOMPAS.com

“Berkembangnya bisnis waralaba punya efek dapat mengurangi tingkat pengangguran, peningkatan pendapatan masyarakat dan perekonomian Indonesia, serta meningkatkan pemakaian bahan baku lokal,” kata perempuan yang juga Ketua Komite Tetap KADIN Bidang Waralaba, Lisensi dan Kemitraan ini.

Berdasarkan pantauan Tempo di lapangan, pameran ini selain diikuti olehwaralabaasal Indonesia juga diikuti sejumlah 30 merek luar negeri. Beberapa diantaranya seperti, Singapura, Malaysia, Taiwan, Thailand, Vietnam, Italia, India, Amerika Serikat, hingga Swiss. Sementara itu, impress lokal yang terlihat mengikuti acara adalah KULO, Indomaret, Alfamart, Ayam Geprek Juara, Bimbel Rating, Apotek K24, hingga Rosa Backyard Spa Muslimah.

Baca Juga:  OYO Rambah Bisnis Kost - Kompas.com - KOMPAS.com

Sumber

Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close