Beranda » Bisnis » 33 Perusahaan Cabut dari China Pilih Vietnam Daripada RI, karena Pajak? – detikFinance

33 Perusahaan Cabut dari China Pilih Vietnam Daripada RI, karena Pajak? – detikFinance

by Masasih.id
33 Perusahaan Cabut dari China Pilih Vietnam Daripada RI, karena Pajak? – detikFinance


Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) kesal 33 perusahaan asing merelokasi pabriknya dari China namun tak ada satu pun yang pindah ke Indonesia. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan insentif perpajakan bukan satu-satunya ‘biang kerok’ dalam problematika investasi langsung atauout of the country dispute funding(FDI) di Indonesia.

“Jadi kan yang namanya keputusan investasi, kan kita mencari investasi. Orang-orang yang memutuskan. Saya mau investasi atau tidak? Buka pabrik atau tidak? 33 perusahaan mau ke mana? Ke RI atau tidak? Atau negara sebelah? Dia itu melihat seluruh dimensi, bukan hanya melihat pajak,” terang Suahasil di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Baca Juga:  Kata Sri Mulyani Soal Penjualan ORI016 yang Tidak Capai Target - Tempo

Ia mengatakan, aspek lain seperti infrastruktur, koordinasi pemerintah pusat dan daerah serta perizinan, aturan ketenagakerjaan, waktu bongkar muat di pelabuhan atauspace time,dan inspeksi jadi faktor yang juga disoroti investor.

“Itu semua adalah faktor-faktor yang dilihat oleh investor. Namanya orang mau bangun pabrik pakai uang benaran, bukan uang monopoli,” ujar dia.

Baca Juga:  ESDM dan DPR Sepakat Cabut Subsidi Listrik 900 VA di 2020 - CNBC Indonesia

Suahasil menegaskan, apabila aspek tersebut tak diperbaiki, maka sulit bagi Indonesia menari investor asing untuk berinvestasi langsung.

“Jadi yang dikatakan World Bank, mau dikasih insentif pajak sampai luar biasa sekali, tapi kalau hal lain tidakdiberesi, ya tidak bisa,” pungkasnya.

Sebagai informasi, dari 33 perusahaan yang merelokasi pabriknya dari China, 23 di antaranya memilih pindah ke Vietnam, dan 10 sisanya pindah ke beberapa negara mulai dari Malaysia, Thailand, dan Kamboja.

Baca Juga:  5 Perusahaan Game dengan Pendapatan di Atas USD 100 Miliar | merdeka.com - merdeka.com

33 Perusahaan Cabut dari China Pilih Vietnam Daripada RI, karena Pajak?

Simak Video “Jumlah Pekerja China Capai Angka 780 Juta
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)

Sumber

Artikel Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More