Teknologi

24 Jam Pakai Dark Mode Instagram, kok Mata Sakit ya? – Uzone


 (Ilustrasi/dok. BusinessInsider)
Uzone.id— Iya tahu,shaded modebisa menghemat baterai, mengurangi rasa lelah pada mata, dan lain-lain. Tapi kenapashaded modeInstagram malah bikin matakeliyengan, ya?
Bagi kaum warganet, pastinya tahu dong kalau Instagram bisa tampil dalam balutan warna gelap. Jadi gak cuma latar warna putih kayak biasanya gitu.
Mode gelap ini pada dasarnya sudah bisa dinikmati oleh pengguna ponsel iPhone dengan sistem operasi iOS 13 dan perangkat Android.
Uniknya, banyak yang gak perlu nunggu sampai Android 10 dulu, tapi Android 9 Pie juga sudah bisa kedapatan, tergantung jenis ponselnya mendukung atau gak.
Baca juga:Instagram Tetiba Berubah Jadi Gelap
Nah,shaded modeInstagram akan otomatis aktif jika kita menyalakan pengaturanshaded modeponsel. 
Kalau teman gue yang menggunakan Samsung Galaxy S10 sih, mengaku senang-senang aja denganshaded modeInstagram.
Sedangkan gue menggunakan iPhone 7 (heheagak jadul, ya) dan kebetulan sudah menggunakanshaded modeInstagram sejak Rabu kemarin (9/10), hari di mana orang-orang memang sudah heboh akan fitur ini.
Sementara gue sudah mengaktifkanshaded modepada iPhone sejak pekan lalu. 
Jujur, gue dari dulu gak terlalu suka denganshaded modeuntuk aplikasi apapun, karena memang lebih nyaman dengan latar berwarna putih. Rasanya segar dan leluasa aja gitu.
Baru ketika iOS 13 dirilis pada akhir September kemarin gue mencoba untuk tahan-tahanin pakaishaded mode.Sejauh ini, baik-baik aja. Mata gue masih nyaman karena mode gelapnya masih aman tanpa ada kontras berlebihan.
Lalu semuanya buyar ketika Instagram pakaishaded mode, hadeeeh.
Baca juga:5 Hal yang Berubah dari Tampilan Instagram Experiences
Dalam sehari, gue bisa membuka Instagram berkali-kali. Entah untuk lihat Experiences teman-teman atau buka kolom Detect, maklum namanya juganetijenmasa kini. 
Sejam, dua jam, tiga jam, empat jam, lima jam… masih gak apa-apa rasanya lihat Instagram mode gelap gitu.Eh, lama-lama kok mata mulai pusing dan berasa sakit, ya? Padahal mantengin linimasa Twitter yang jugashaded modegue gak kenapa-kenapa.

- Advertisement -
Baca Juga:  Instagram Punya Dark Mode, Sudah Coba? - SINDOnews.com

by GIPHY by Uzone.id/Hani Nur Fajrina
Effectively, sepertinya sih gara-gara mode gelap yang berbeda antara Instagram dan Twitter.
Instagram benar-benar mengusung warna hitam kelam sebagai latar dengan tulisan warna putih. Diakui atau gak, ini benar-benar kontras banget untuk mata gue. Gak heran jika mata gue terasa sakit.
Sedangkan kalau Twitter, mode gelapnya gak sekontras itu, dia cenderung berwarna biru campur abu-abu gelap gitu. Hal ini jadi mengurangi kontras tulisan yang sebetulnya juga warna putih, tapi tingkat kecerahannya gak se-mencolok di Instagram. Maka, mata gue gak sakit sama sekali.
Duh…masa gara-gara Instagram aja gue jadi balik kemild mode, sih? Rasanya tuh kayak, lagi nyaman-nyamannya di suatu hubungan baru lalu ada godaan balikan sama mantan,heuheu.
Tapi ya sudahlah, gue masih meneguhkan diri gue untuk tetap menggunakanshaded modepada iPhone. Tapi sesekali gue akan mengaktifkan jadwal pengaturanmild modedanshaded modeiPhone yang ada diSettings.

(Settings Darkish Mode pada iPhone. Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Pengaturanshaded modebisa otomatis diaktifkan saat menjelang petang atau saat pukul 22.00 WIB. Hitung-hitung gue mengurangi penggunaan media sosial macam Instagram lah ya demi menunjang kesehatan mental dan kesejahteraan rumah tangga supaya lebih fokus di kehidupan nyata.
Asik, udah bijak belum gue?

Baca Juga:  3 Fitur Baru Instagram - ayobandung.com

Sumber

- Advertisement -
Looks like you have blocked notifications!
- Advertisement -
Tags
- Advertisement -
Back to top button
Close