Informasi PengetahuanInformasi UmumInspirasi

10 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Terbukti Ampuh dan Manjur

Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh? Inilah daftarnya!

Banyak tanaman yang memiliki fungsi yang dapat membantu kita, salah satunya tanaman pengusir nyamuk. Seperti yang kita ketahui, seakan tidak mengenal musim dan tidak mau di usir, nyamuk selalu ada di sekitar kita.

Selain risih, gigitan nyamuk dapat membuat kulit kita gatal. Jika sedang beraktivitas, dampak yang ditimbulkan oleh nyamuk dapat menganggu hal yang sedang kita kerjakan. Bahkan, gigitan nyamuk juga bisa menyebabkan kita terkena penyakit demam berdarah.

Kadang kita telah memasang obat pengusir nyamuk di ruangan kita, namun nyamuk masih tetap saja berkeliaran seakan tidak mempan dengan obat nyamuk yang telah kita sediakan. Lantas, apakah tidak ada cara lain untuk mengusir nyamuk?

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk

Tenang, salah satu cara ampuh bisa kita lakukan dengan beberapa jenis tanaman yang dapat mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini ampuh membuat nyamuk risih dan tidak nyaman, sebagaimana kita dibuat risih dan tidak nyaman dengan keberadaan nyamuk.


1. Lavender


Bunga Lavender | d384u2mq2suvbq.cloudfront.net

Tanaman pengusir nyamuk pertama adalah lavender. Kita mungkin sangat akrab dengan nama lavender, namun tidak mengetahui secara pasti seperti apa tanaman lavender. Sebab yang membuat kita akrab adalah lavender sering tercantum dalam setiap obat nyamuk yang kita gunakan.

Tanaman lavender sendiri berbentuk semak atau pohon kecil. Bunga lavender biasanya berwarna ungu, namun hanya bisa ditanam dan tumbuh di ketinggian sekitar 500-130 mdpl. Lavender ini merupakan tanaman pengusir nyamuk paling ampuh.

Pasalnya, levender mengandung linalool dan lynalyl asaset, di mana kedua kandungan ini sangat ampuh sekali mengusir nyamuk. Harga tanaman pengusir nyamuk ini biasanya dijual sekitar Rp. 5000 hingga Rp. 20.000.


2. Zodia


Tanaman Zodia | bibitbunga.com

Tanaman pengusir nyamuk paling ampuh selanjutnya adalah Zodia. Tanaman ini sangat erat berkaitan dengan penduduk di Papua. Selain banyak tumbuh di Papua, dalam sejarah perkembangan masyarakat Papua, tanaman Zodia sudah sering digunakan oleh masyarakat Papua.

Ketika hendak memasuki hutan, yang sudah barang tentu keberadaan nyamuk sangat berlimpah di hutan, masyarakat Papua sering menggosokan Zodia keseluruh tubuh mereka sebagai upaya pencegahan agar tidak digigit oleh nyamuk.

Baca Juga:  5 Cara Melatih Otak Supaya Cerdas Dan Tidak Lemot

Walaupun tumbuh di Papua, Zodia bisa ditanam dan tumbuh di sekitar ketinggian 400-1000 mdpl. Zodia ini mengandung evodiamine dan rutaecarpine yang sangat tidak disukai nyamuk. Tidak hanya berfungsi sebagai pengusir nyamuk, Zodia juga bisa menambah stamina dan sebagai obat malaria.


3. Selasih


Daun Selasih | sahabatdapur.com

Apakah kita pernah mencampurkan minuman kita dengan biji selasih? Iya, biji selasih yang sering kita temukan di beberapa minuman segar yang mampu menghilangkan dahaga tersebut, ternyata memiliki manfaat untuk mengusir nyamuk.

Namun yang mampu mengusir nyamuk bukan biji selasihnya, tapi bagian dari daun dalam tumbuhan selasih yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Hal ini karena daun selasih memiliki kandungan senyama eugenol, linaloo, dan geraniol yang sangat tidak disukai nyamuk.

Kita bisa meletakan tanaman Selasih di dalam ruangan, dan membiarkan aroma yang terdapat dari daunnya menyebar dan membuat nyamuk terusir dari ruangan di rumah kita. Jangan khawatir ruangan kita akan bau, karena aroma daun Selasih sangat wangi dan dapat memberikan efek tenang


4. Kecombrang


Tanaman Kecombrang | awsimages.detik.net.id

Selanjutnya ada bunga Kecombrang, tanaman ini selain ampuh mengusir nyamuk juga berfungsi sebagai tanaman hias karena bentuk bunganya yang indah. Bunga Kecombran ini otomatis berfungsi sebagai tanaman hias pengusir nyamuk.

Spot terbaik meletakan tanaman pengusir nyamuk adalah di dekat jendela rumah, hal ini selain karena dekat dengan fentilasi udara, kadang juga jendela sering digunakan nyamuk sebagai pintu masuk ke dalam rumah.

Bunga Kecombrang ini mengandung beberapa kandungan yang tidak disukai nyamuk. Selain itu, bunga Kecombrang ini memiliki berbagai nama yang berbeda di tiap daerah. Seperti di Jawa Barat dikenal dengan nama Honje, dan di Medan dikenal dengan nama Kincung.


5. Geranium


Tanaman Geranium | s2.bukalapak.com

Tanaman hias pengusir nyamuk selanjutnya adalah tanaman Geranium. Tanaman ini memiliki kandungan bernaman geraniol dan sitroneol yang sangat mudah menguap dan terbawa angin. Kedua kandungan tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Geranium bisa kita gantung sebagai tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah. Kita bisa mengantungnya di langit-langit dalam rumah. Karena kandungan aromanya mudah menguap dan terbawa angin, akan sangat ampuh untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah kita.

Baca Juga:  Membasmi Nyamuk Malaria dengan Teknologi Nuklir - RacoonBuzz Media

Tanaman Geranium ini biasanya memiliki tinggi sekitar 20-6- cm dan mampu hidup bertahan selama lima tahun. Perawatannya pun mudah, kita hanya perlu menyiram secukupnya. Harga tanaman pengusir nyamuk ini biasanya dijual sekitar Rp. 25.000 hinga Rp. 60.000.


6. Lemon Balm


Lemon Balm | upload.wikimedia.org

Ada juga tanaman hias pengusir nyamuk dalam rumah yaitu Lemon Balm. Namun tanaman ini tidak memilik bunga dan termasuk jenis dari tanaman mint dan lamiaceae. Pada umumnya juga tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai minuman dan bahan obat-obatan.

Namun, kita juga bisa memanfaatkan tanaman ini sebagai tanaman hias dalam rumah yang sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Karena Lemon Balm ini memiliki kandungan bernama zat sitronelol yang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Kita bisa meletakan tanaman Lemon Balm ini di sekitar meja di ruang tamu atau di ruang tengah keluarga. Agar aroma dari Lemob Balm ini dapat menyebar di sekitar ruangan yang sering ditempati. Karena jenis Lemon Balm adalah tanaman Mint, ruangan kita akan terasa nyaman dan rileks dengan aroma Lemon Balm ini.


7. Catnip


Tanaman Catnip | s2.bukalapak.com

Tanaman selanjutnya yang dapat mengusir nyamuk adalah tanaman Catnip. Tanaman ini pada umumnya sering ditanam oleh para pecinta kucing, karena bentuk dari tanaman ini yang mampu membuat tingkah kucing menjadi lebih aktif.

Namun selain itu, tanaman ini juga berfungsi juga untuk mengusir nyamuk. Karena kandungan minyak dari tanaman Catnip yang beranama nepetalactone yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kandungan tersebut juga sering kali digunakan sebagai bahan obat untuk mengusir nyamuk.

Kita bisa menanam tanaman Catnip ini di teras depan rumah. Selain bentuknya yang cantik yang juga dapat berfungsi menghiasi depan rumah, menyimpan tanaman Catnip di depan juga dapat mencegah nyamuk masuk dari depan rumah.


8. Bawang Putih


Bawang Putih | www.galamedianews.com

Apakah kita pernah sadar, jika di setiap dapur di rumah kita jarang sekali diganggu oleh keberadaan nyamuk? Jika kita tidak menyadarinya, jawaban penyebab utama nyamuk tidak nyaman berada di dapur adalah karena aroma dari bawang putih yang ada di dapur kita.

Baca Juga:  4 Tanaman Apotek yang Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh - 1Health

Seperti kita ketahui, bawang putih memiliki aroma yang sangat kuat dan menyengat dan aroma tersebut sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tiap kita menggunakan bawang putih sebagai bumbu masak aroma tersebut otomatis menyebar di dapur kita dan membuat nyamuk tidak nyaman.

Kita juga bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di ruangan dalam rumah yang terdapat banyak nyamuk. Namun risikonya, ruangan tersebut akan teribas bau dari aroma bawang putih yang sangat menyengat juga.


9. Sari Wangi


Serai Wangi | terasjabar.id

Tanaman lain yang sering digunakan sebagai bumbu masak yang juga dapat mengusir nyamuk adalah Serai Wangi. Serai Wangsi biasa digunakan untuk bumbu masakan berkuah, dengan menambah Serai, masakan berkuah biasanya akan memiliki rasa yang kuat dan khas.

Hal itu karena kadungannya yang bernama geraniol dan sitronnellol yang juga sangat tidak disukai oleh nyamuk. Kita bisa menyimpan Serai Wangi di sekitar ruangan yang terdapat banyak nyamuk. Otomatis nyamuk akan segera menjauh.

Namun resikonya, ruangan yang kita simpan Serai Wangi akan memiliki aroma kuat Serai Wangi, seakan ruangan tersebut menjadi memiliki aroma seperti dapur saat sedang memasak.


10. Rosemary


Tanaman Rosemary | i2.wp.com

Tanaman pengusir nyamuk lain adalah tanaman Rosemary. Tanaman ini unik, selain bisa digunakan sebagai bahan memasak, rosemary juga merupakan yang ampuh dan dapat mengusir nyamuk.

Aroma Rosemary kurang lebih seperi aroma minyak kayu puith. Karena itu, bau dari Rosemary mampu membuat nyamuk pusing dan tidak nyaman , dan nyamuk ketika mengirup bau tanaman Rosemary akan kehilangan fungsi inderanya.

Rosemary ini bisa tumbuh di mana saja, kamu bisa menggunakan Rosemary dengan cara menggosokan bunga Rosemary ke kulit yang ada di tubuh kamu. Otomatis nyamuk akan merasa tidak nyaman berada di sekitar kamu.

Sekian beberapa daftar tanaman pengusir nyamuk yang bisa kita gunakan untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah kita. Namun, jangan kita lupakan, dengan adanya nyamuk di rumah kita, hal tersebut menandakan bahwa rumah kita sudah mulai kotor. Alangkah bijaknya kita juga tidak lupa untuk membersihkan rumah kita, selain bersih agar nyamuk juga tidak nyaman ada di rumah kita.

Tags
Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker